Ombilin Coal Mining Heritage, Nominasi Warisan Dunia UNESCO

oleh -

Ombilin Coal Mining Heritage, Nominasi Warisan Dunia UNESCO.

Semangatnews, Sawahlunto – Sidang komite warisan dunia ( WHC ) 43 UNESCO 2019
membahas provisional agenda dan timetable pertemuan WHC 43 l. Indonesia hadir di Pertemuan Bureau dalam kapasitas sebagai Vice-Chair WHC 43, (Jumat, 5/7/19).

Pada sidang ini, Irwan Prayitno mengatakan dilakukannya pembahasan reports (a.l. WHC42, Budget, Operational Guidelines, Audit, WHC Activities, Advisory Bodies). Selain itu, terdapat penyampaian pesan dari Young Heritage Committe’s.

“Pembahasan nominasi akan dilakukan berdasarkan urutan kategori : nominasi alam, nominasi campuran, dan nominasi budaya terdiri dari kawasan Afrika, Arab, Asia Pasifik, Eropa, dan Latin Amerika.

Terdapat 35 nominasi baru (28 budaya, 5 alam dan 2 mixed) yang di dalamnya termasuk Ombilin Coal Mining Heritage Sawahlunto, Sumatera Barat,” katanya.

Dalam sidang ini hadir Ketua Delri (Dewatap UNESCO) atau Alternate,HoD (Dubes RI Baku), Ketua Harian KNIU (Pak Arief); expert Indonesia utk warisan alam (Pak Wahyudi), expert Indonesia utk warisan budaya (Pak Daud) dan Rapporteur (Elvie), Kepala dinas Kebudayan Sumbar.

Sampai nanti waktu penetapan yaitu tanggal 7 juli, akan di umum kan oleh UNESCO hasil keputusan sidang WHC 43.

Walikota Sawahlunto akan hadir nanti tanggal 4 sampai 8 juli mendatang.

“Semoga Sumatera Barat, khususnya Sawahlunto dengan Coal Mining Heritage akan ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO,” tutupnya.