OPD Pemprov dan BUMD Gotong Royong Bantu TMMD ke-111 di Limapuluh Kota

by -

OPD Pemprov dan BUMD Gotong Royong Bantu TMMD ke-111 di Limapuluh Kota

SEMANGATNEWS.COM-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021 Sumatera Barat dilaksanakan di dua nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, yaitu di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan. TMMD yang mengusung tema “Pengabdian untuk Negeri” ini pembukaannya dijadwalkan tanggal 15 Juni 2021.

“Sasaran pokok TMMD ke-111 kali ini adalah pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana dasar seperti membuka jalan sepanjang 9 km dengan lebar 12 meter, gorong-gorong dan rehabilitasi rumah tidak layak huni dan lain-lain. Pemprov akan selalu support setiap pelaksanaan TMMD,” kata Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM dalam Rapat Koordinasi (Rakornis) TMMD ke-111 di Aula Kantor Gubernur, Rabu (02/6).

Hadir dalam Rakor TMMD tersebut Kasrem 032 Wirabraja Kol (Inf) Amrizen, Kepala OPD Pemprov Sumbar, utusan BUMN/BUMD, Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, S.AP.,MH selaku Dansatgas TMMD ke-111, Kadis PMN Limapuluh Kota Pramana Putra, Kabid SDA dan TTG Dinas PMD Vera Irawati, ST.,MM., dan sejumlah undangan.

Ditambahkan Syafrizal Ucok, dalam setiap sasaran pokok TMMD adalah membuka akses wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan melalui pembangunan infrastruktur, sarana prasarana dasar, seperti pembukaan jalan melalui pusat-pusat penghubung baik ekonomi maupun pembangunan lainnya.

Untuk mendukung TMMD ke-111 ini OPD Pemprov Sumbar dan stakeholder melakukan gotong royong berupa material dan program kegiatan yang dilaksanakan di lokasi TMMD. Dukungan itu diantaranya dari PT. Semen Padang yang merencanakan dukungan 250 zak semen.

Dukungan lainnya dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi 50 zak semen, Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang 50 zak semen, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik 10 zak semen, dan Bank Nagari 100 zak semen.

Selain itu, dukungan 1.000 bibit batang tanaman hasil hutan, kayu dan tanaman pelindung, diberikan oleh Dinas Kehutanan, 100 Mushaf Quran dan 100 kain sarung dari Biro Kesra Pemprov Sumbar, 100 bibit sukun dari Dinas Perkebunan, 14 ribu benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan.

Kanwil Kemenag Sumbar juga membantu 50 mushaf Al-Qur’an, Satpol PP Sumbar akan mengirimkan anggota selama kegiatan, dan sejumlah kegiatan penyuluhan juga akan digelar oleh OPD untuk masyarakat di dua nagari lokasi TMMD ke-111.

Menurut Syafrizal Ucok, masih banyak dukungan fisik dan non fisik serta material lainnya dari OPD Pemprov yang masih akan dikoordinasikan sebelum tanggal kegiatan dilaksanakan pada 15 Juni mendatang. (Mak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.