Pada Bulan Apakah Musim Kemarau Terjadi di Indonesia?

oleh -
Ilustrasi angin muson timur (foto: geologinesia)
Ilustrasi angin muson timur (foto: geologinesia)

SEMANGATNEWS.COM – Indonesia merupakah satu dari sekian banyak negara yang memiliki iklim tropis. dengan kata lain, Indonesia hanya terdiri dari dua iklim saja, yaitu kemarau dan penghujan.

Hal tersebut dipengaruhi karena posisi letak di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Sehingga setiap negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, akan cenderung memiliki iklim yang bersifat tropis.

Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 1 Halaman 138 139 140, Subtema 3: Gemar Menggambar, Pembelajaran 5

Namun, yang menjadi salah satu persoalan adalah kapan waktunya negara Indonesia akan mengalami musim kemarau dan musim hujan? berikut jawaban yang akan membantu para siswa dalam menjawab soal-soal yang lainnya.

1. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
Jawaban:
Musim kemarau di Indonesia terjadi pada bulan April sampai dengan Oktober.

2.Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
Jawaban:
Musim penghujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober sampai dengan April.

3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Jawaban:
Angin muson disebut juga dengan angin musim adalah angin periodik yang terjadi di samudra Hindia dan di sebelah selatan Asia. Angin ini bertiup dari arah barat daya India dan wilayah-wilayah sekitarnya ditandai dengan curah hujan yang tinggi.

Di Indonesia terjadi dua angin muson setiap tahun yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Hal ini terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin akan bertiup dari daerah bertekanan udara maksimum ke daerah bertekanan udara minimum.

No More Posts Available.

No more pages to load.