Pelantikan PMI dan DMI Sumbar, Jusuf Kalla Puji Kecerdasan Orang Minangkabau

oleh -

Pelantikan PMI dan DMI Sumbar, Jusuf Kalla Puji Kecerdasan Orang Minangkabau

Semangatnews, Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mendampingi Wakil Presiden RI periode ke 10 dan 12, HM. Jusuf Kalla pada acara pelantikan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam agenda kunjungannya ke Sumbar, Kamis, (5/12/2019) di Auditorium Gubernuran.

Dalam sambutannya, JK selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat PMI dan DMI memaparkan bahwa kedua organisasi ada persamaan dalam kegiatanya yaitu bekerja dan berjalan di atas keikhlasan (sukarela). Untuk itu ia berharap agar para pengurus lebih berorientasi pada kemakmuran umat.

“Saya merasa istimewa bisa melantik kedua organisasi ini, tentu juga kita semua mengharapkan DMI dan PMI bekerja sebaik-baiknya untuk seluruh masyarakat,” kata Jusuf Kalla.

Selanjutnya, Jusuf Kalla memuji para Pahlawan yang berasal dari Minangkabau dan karakternya yang tidak pernah hilang sampai saat ini, yakni selalu mengutamakan kecerdasan dan tingkat keagamaan yang baik.

“Setiap daerah di Indonesia punya kelebihan masing-masing, namun selalu saya katakan orang Minangkabau dikenal karena kecerdasan, setiap ada permasalahan masyarakat Minangkabau selalu dimusyawarahkan di Surau (musholla) dan Masjid,” ungkapnya.

Menurut Jusuf Kalla, sejak sebelum kemerdekaan hingga merdeka dan sampai sekarang dikenal banyak tokoh-tokoh Minangkabau yang memiliki kecerdasan seperti Imam Bonjol, Bung Hatta, M Yamin dan Buya Hamka.

“Semua mereka modalnya kecerdasan, kalau daerah lain pahlawannya membawa pedang, tombak, panah melawan penjajah, di Minangkabau tidak ada pahlawan nasionalnya yang bawa senjata melainkan menggunakan otak yang baik,” jelasnya.

“Bahkan saat ini saya bangga menjadi “urang sumando” dan saya minta masyarakat Minangkabau bisa mempertahankan karakter yang sudah menjadi ciri khas sejak era kemerdekaan sehingga daerah ini bisa menjadi lebih maju membangun bangsa ini,” tuturnya.

Untuk itu ia berharap agar para pengurus DMI lebih berorientasi pada kemakmuran umat. Dewan Masjid harus dapat memakmurkan masjid.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan terima kasih mendapat kehormatan kunjungan Mantan Wapres RI ke 10 dan ke 12 itu. Karena di mata masyarakat Minangkabau Jusuf Kalla adalah sosok “sumando” (menantu) yang menasional.

Selain itu Irwan Prayitno mengapresiasi terpilihnya Ketua PW PMI dan DMI Sumbar sebagai pelopor kedamaian dan kemakmuran bagi umat.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap kiprah yang telah dilakukan oleh PMI yang memiliki peran besar kemanusian termasuk juga DMI yang juga membawa kesejukan bagi kita semua,” ucap gubernur Sumbar. (nov)