PEMBANGUNAN JALAN TOL DI SUMBAR TERKENDALA PEMBEBASAN LAHAN,SEMENTARA DIHENTIKAN

oleh -

PEMBANGUNAN JALAN TOL DI SUMBAR TERKENDALA PEMBEBASAN LAHAN,SEMENTARA DIHENTIKAN

SEMANGATNEWS.COM- PT Hutama Karya memastikan kelanjutan pembangunan ruas Jalan Tol Padang Pekanbaru, tetapi dengan syarat semua lahan bebas. Jika sampai Juni 2021 semua lahan bisa dibebaskan, jalan tol bisa diburukan selesai akhir 2022 mendatang.

Tetapi akibat kelambanan pembebasan lahan sebelumnya, PT Hutama Karya sekarang terpaksa memberlakukan dulu refocusing terhadap sumberdayanya di jalan tol Padang Sicincin.

Baca Juga:  Mantap Ratusan Jurnalis dan Pekerja Media di Sumbar Ikut Vaksinasi Pertama dan Kedua

Maksud dari refocusing ini adalah, karena penyiapan lahan untuk tol di Padang Sicincin belum kemas atau belum tuntas secara keseluruhan, maka sebagian sumber daya PT Hutama Karya, termasuk anggaran dipakai dulu ke lokasi ruas tol lain, terutama ruas utama tol Sumatera, seperti ruas tol Pekanbaru – Bangkinang.

“Karena percepatan pekerjaan ruas tol di sana relatif tinggi, maka sumberdaya PT Hutama Karya dari jalan tol Padang Sicincin kita pakaikan dulu ke sana. Itu prinsip dari kebijakan refocusing yang dimaksud oleh perseroan,” kata Project Director Jalan Tol Padang Sicincin, Marthen Robert Singal kepada wartawan di Padang, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga:  Ada Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar,di Musrenbang Linggo Sari Baganti

Penjelasan ini disampaikan berkaitan dengan pemberitaan sebelumnya bahwa PT Hutama Karya akan menghentikan pembangunan jalan tol Padang Sicincin hanya sampai Km 6 atau STA 6+300 atau tepatnya di bengkolan dekat Rumah Makan Lamun Ombak, Kasang, Padang Pariaman.

Menurut Marthen, pihaknya dalam program refocusing ini memang lebih mempersiapkan penyelesaian pembangunan jalan tol sampai ke KM 6 itu, tetapi jika pembebasan lahan di atasnya kelar, maka akan terus dikerjakan juga