Pemkab Solok Selatan Mediasi Persoalan PT. MKSP dengan Koperasi Serba Usaha Masyarakat

oleh -

Pemkab Solok Selatan Mediasi Persoalan PT. MKSP dengan Koperasi Serba Usaha Masyarakat

Semangatnews, Solok Selatan – Adanya persoalan antara pihak perusahaan PT. Multikarya Sawit Prima (MSP) dengan 2 Koperasi Serba Usaha (KSU) di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) Kabupaten Solok Selatan membuat pemkab turun tangan membantu mediasinya pada Selasa- Rabu (8 -9 Sept 2020).

Dua KSU tersebut yakni KSU Bina Masyarakat (KSU-BM) di Nagari Lubuk Ulang Aling dan KSU Batang Hari Sepakat (KSU-BHS) di Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Kecamatan Sangir Batang Hari, yang sejatinya dipercaya mengurus perkebunan plasma bersama PT. MSP.

Mediasi dan peninjauan lapangan dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hapison, Camat Sangir Batang Hari Gurhanadi, beserta sejumlah OPD terkait lainnya, sesuai dengan perintah tugas yang diberikan Plt. Bupati Solok Selatan.

Dalam peninjauan lapangan, tim yang dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Hapison tersebut menemukan berbagai persoalan di lapangan. Pada KSU BM ditemukan persoalan kurang terurusnya lahan perkebunan plasma yang sejatinya diperuntukkan untuk kesejahteraan masyarakat. Lahan sawit yang ditanam sejak 2011 silam tersebut terlihat dipenuhi semak belukar dan tidak dilakukan perawatan, sehingga produksi jauh dari maksimal.

Disamping itu tim juga tidak menemukan adanya jalan penunjang pada sebagian kebun plasma. Padahal jalan tersebut sangat vital dan dibutuhkan untuk memudahkan panen perkebunan, aktifitas pemupukan, dan keperluan lainnya.

Ketua KSU BM Sopian Hadi mengatakan bahwa pihaknya menuntut beberapa hal kepada pihak perusahaan. Pertama meminta agar perusahaan merealisasikan perjanjiannya untuk melakukan pembersihan kebun, penyisipan, dan perbaikan jalan pada kebun plasma sesuai dengan kesepakatan pada 7 Oktober 2019 silam.

Selanjutnya pihak koperasi dan ninik mamak yang hadir juga meminta pihak perusahaan melaksanakan evaluasi buah kelapa sawit secara maksimal dengan pengadaan traktor sesuai kebutuhan kebun.