Pemkab Solok Selatan Perpanjang PSBB hingga 7 Juni

by -

Pemkab Solok Selatan Perpanjang PSBB hingga 7 Juni

Semangatnews, Solsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) memilih untuk melanjutkan PSBB hingga 7 Juni 2020 sembari mempersiapkan New Normal di kabupaten itu. Hal itu diungkapkan Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman saat vidcon evaluasi PSBB bersama Gubernur Sumbar, Kamis (28/5/2020).

“Butuh waktu dalam mempersiapkan tahapan-tahapan new normal ini. Untuk itu, kita dari Pemkab Solsel memilih untuk melanjutkan PSBB hingga 7 Juni, sembari mempersiapkan tahapanmenuju new normal,” ujarnya.

Dia mengatakan, tanpa adanya persiapan yang matang menuju new normal (tatanan baru, nproduktif dan aman Covid-19), dikhawatirkan new normal bisa jadi berubah menjadi normal atau tidak normal. “Untuk itu, dibutuhkan persiapan-persiapan yang matang dalam menjalaninya,” tambahnya.

Dia juga mengingatkan supaya jangan mengartikan new normal sebagai bentuk kebebasan baru. “Semestinya New Normal tersebut harus diiringi dengan kesiapan masyarakat dengan new habit (kebiasaan baru), dimana segala aktifitas masyarakat senantiasa mengikuti protokol pencegahan Covid-19,” katanya.

Jangan salah artikan, imbauwannya, new normal bukanlah sebuah kebebasan sebagaimana sebelum wabah datang. “Tapi, New Normal adalah pola kehidupan baru dengan menerapkan standar pencegahan Covid-19 yang ada. Seperti penggunaan masker, menjaga jarak, pola hidup bersih, dan lainnya,” terangnya.

Dalam vidcon tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan beberapa usulannya, yakni dimana PSBB di Sumbar diperpanjang hingga 7 juni (9 hari) dengan melakukan persiapan dan tahap2 menuju new normal dengan mengurangi pembatasan. Kemudian konsisten untuk tetap melaksanakan kegiatan dengan mematuhi protokol Covid-19.

Selanjutnya tanggap darurat tetap dilakukan sampai keluarnya Kepres atau aturan baru. Yang artinya tetap melakukan pengendalian wabah secara maksimal. Terakhir Gubernur mengatakan Pemprov Sumbar siap untuk mendukung daerah Kabupaten/Kota yang memutuskan untuk memilih New Normal.

Hadir dalam vidcon tersebut Ketua DPRD Zigo Rolanda, Wakapolres Kompol Abdurahman Surya Negara, Pabung 0309 Solok di Solsel Mayor Inf. Togar Hararap, Kajari yang diwakili Kasi Pidum Hirosi, Sekdakab Yulian Efi, dan beberapa kepala OPD. (Afri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.