Pemkab Solsel Larang Rumah Makan Buka Siang Bulan Puasa Kecuali Untuk Non Muslim

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Ramdhan 1422 Hijriyah hanya tinggal beberapa hari lagi, bulan suci umat muslim. Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melarang usaha kuliner atau rumah makan (restoran/pedagang kaki lima) yang melayani makan-minum beroperasi siang hari selama bulan puasa, kecuali bagi non muslim.

Selain itu, juga dilarang untuk berjualan maupun membunyikan kembang api/mercon dan sejenisnya kecuali membunyikan meriam bambu, waktu diperbolehkan membunyikan meriam bambu sejak pukul 15.00 – 18.00 WIB.

Baca Juga:  Mengharukan Salat Ied Tenda At Tabayyun, Pertama kali dalam Sejarah 30 Tahun

Kepala Bidang Penegakan Peraturan daerah (Perda), Satpol-PP dan Damkar Solsel Ali Afrionel mengatakan larangan selama Ramadhan itu sesuai Perda No.1 tahun 2020 pasal 24 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum.

“Usaha rumah makan yang memberikan pelayanan makan-minum siang hari berupa pelayanan ditempat usaha maupun yang dibungkus tidak boleh, kecuali diperuntukkan bagi non Muslim dengan memajang spanduk ‘khusus non muslim” ditempat usahanya,” tuturnya.

Baca Juga:  Randang Payakumbuh jadi Pilot Project Untuk Spice Up The World Di Dubai

Dia mengatakan untuk pengelola usaha restoran, rumah makan atau warung yang diperuntukkan bagi non muslim, selama bulan Ramadhan diperbolehkan untuk berjualan dengan memasang tanda khusus untuk non muslim.

“Tanda khusus yang dimaksud berupa spanduk dengan ukuran minimal 45 cm x 150 cm,” sebutnya.

Tidak hanya itu saja yang dilarang, namun tempat permainan game online/PlayStation dan sejenisnya juga dilarang buka dari pukul 18.00 WIB – 22.00 WIB.

Baca Juga:  Pastikan Penanganan Covid Sudah Berjalan, Wali Kota Riza Falepi Sidak Ke Posko PPKM Mikro Kelurahan

Menurutnya bagi setiap orang yang melanggar ketentuan dikenakan sanksi administratif berupa, teguran tertulis I, II, III, dan/atau penahanan sementara kartu identitas, dan/atau pencabutan izin usaha, penutupan tempat usaha dan denda administratif sebesar Rp500.000