Pemprov Gelar Musrenbang, Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Karena Covid Sempat Minus 1,16 persen Tahun 2020.

oleh -
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi membuka secara resmi Musrenbang Provinsi Sumatera Barat, Jum'at (9/4/2021)

SEMANGATNEWS.COM – Struktur PDRB Sumatera Barat menurut lapangan usaha pada tahun 2020 masih didominasi pada sektor pertanian sebesar 22,38 persen, namun kontribusi sektor pertanian dalam laju pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat relatif menurun hingga capaian sebesar 1,19 persen. Pertumbuhan ekonomi Sumbar sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 relatif cendrung menurun, 5,05 persen sama dengan nasional, dan pada saat awal penanganan pandemi covid sempat minum 1,6 persen.

Baca Juga:  Hanya Modal Share 8 Aplikasi Penghasil Saldo Paling Mudah untuk Digarap

Beberapa sektor PDRB yang cukup mengalami kontraksi yang dalam pada tahun 2020 antara lain sektor Transportasi dan Pergudangan sebesar minus 16,10 persen, Sektor penyediaan akomodasi sebesar minus 15,95 persen, sektor perdagangan sebesar minus 1,14 persen dan beberapa sektor lainnya akibat adanya pandemic covid 19. Namun ditengah dominannya sektor yang mengalami kontraksi, terdapat beberapa sektor yang tumbuh secara positif antara lain adalah sektor informasi dan komunikasi sebesar 9,76 persen.

Baca Juga:  Meresahkan Sekali, Aplikasi Penghasil Uang yang Satu ini Buat Kamu gak Bisa Tidur

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Keria Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 di Hotel Grand Inna, Jum’at (9/4/2021).

Gubernur Sumbar katakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kali ini merupakan rangkaian yang tidak terputus dari pelaksanaan Musrenbang yang telah dilaksanakan di masing-masing Kabupaten/kota dari tingkat Nagari/Desa/Kelurahan, Tingkat Kecamatan, Tingkat Kabupaten/Kota dan akhirnya di tingkat Provinsi. Sehingga diharapkan masukan dari para stakeholder merupakan hasil dari pelaksanaan musrenbang yang telah dilakukan sebelumnya di tingkat Kabupaten/Kota.

No More Posts Available.

No more pages to load.