Perayaan Idul Adha 1442 H: Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Syariah Islam, Lengkap

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Sebentar lagi semua umat Islam di dunia akan merayakan salah satu hari besar umat Islam yaitu hari Raya Idul Adha atau kita sering menyebutnya dengan hari raya kurban.

Kenapa disebut hari raya kurban, karena pada momen ini semua umat Islam melakukan penyembelihan hewan untuk disembelih dan di bagi bagikan kepada seluruh masyarakat terutama warga yang kurang mampu. Hari Raya Idul Adha di Indonesia jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021, sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, Keputusan ini diambil setelah Kementerian Agama menggelar sidang Isbat menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Juli 2021.

Baca Juga:  Silaturahim Pejabat Kemenko Polhukam dengan Panitia Masjid At Tabayyun

“Dengan begitu, tentu saja Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021 Masehi,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers virtual, Sabtu (10/7/2021).

Namun alangkah lebih baiknya dalam penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan adab dan tata cara yang sebenarnya menurut syariat islam, berikut tata cara penyembelihan hewan kurban terutama bagi orang yang berqurban atau shohibul qurban saat Idul Adha nanti.

Baca Juga:  Amalan Sunah yang Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Bagi para shohibul qurban (orang yang berqurban), dianjurkan untuk memahami aturan serta tata cara menyembelih hewan qurban yang baik dan benar agar dapat mengambil hikmah dari hewan qurban tersebut.

Adapun tata cara penyembelihannya sebagai berikut:

No More Posts Available.

No more pages to load.