Peringatan Hari Kanker Sedunia, Nevi Zuairina Kunjungi Pasien Kanker di Pariaman.

by -

Semangatnews, Pariaman – Nevi Zuairina Irwan Prayitno selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Barat mengunjungi pasien kanker yang ada di RSUD Kota Pariaman, Minggu (17/2).

Hal ini dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia yang dilaksanakan di Pantai Gondoriah, Kota Pariaman. Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Ketua YKI Cabang Kota Pariaman Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison, Ermawati wakil ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Prov. Sumatera Barat dan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

“Penyakit kanker adalah penyakit yang berbahaya, penyakit kanker harus kita sadari sejak dini jangan diremehkan,” ujar Nevi.

“Kanker tidak hanya menggrogoti tubuh kita, tapi juga mengakibatkan kantor kering, karena mengobatinya tidak mudah dan tidak murah, oleh sebab itu kenali gejalanya, perikasakan diri agar bisa dicegah sedari dini,” lanjut Ketua YKI Provinsi Sumbar ini.

Walikota Pariaman Genius Umar juga mengingatkan perlu perhatian serius dari semua pihak agar akibat yang ditimbulkan dari penyakit ini dapat ditekan.

Upaya menekan penyakit mematikan ini salah satunya dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), antara lain adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Selanjutnya Nevi Zuairina di dampingi Ketua YKI Cabang kota Pariaman beserta Wakil, mengunjungi pasien kanker yang ada di RSUD Kota Pariaman. Dari 10 pasien kanker, 4 orang mengidap kanker payudara.

Ia memberikan suport dan doa agar pasien tetap semangat melawan kanker dan sabar dalam menjalani pengobatan, serta santunan berupa sembako.

“satitik dilauikan sakapa digunuangan, semoga bermanfaat dan cepat sembuh ya bu..,” ucapnya kesalah satu pasien yang mengidap kanker payudara.

Kegiatan yang didahului dengan Senam Massal ini diikuti oleh ratusan warga kota Pariaman dengan berbagai kegiatan seperti pembagian dorprize, pemberian santunan dari Organisasi Roehana Koeddoes (RK) dan juga bazar baju layak pakai yang hasilnya nanti akan didonasikan untuk pasien kanker. (humas/nayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.