Peringatan HKGN Tahun 2020, Ketika Mulut PDGI Terkunci

oleh -

Peringatan HKGN Tahun 2020, Ketika Mulut PDGI Terkunci

Oleh : Drg. Sylfianti Syaharman.MMKes – Mantan Ketua Pengwil PDGI Sumatera Barat

Ini pengalaman pertama sejak dicanangkannya Peringatan HKGN (Hari Kesehatan Gigi Nasional} tanggal 12 September 2011, di Lapangan Gasibu Bandung Jawa Barat oleh Menteri Kesehatan Ri Endang Rahayu Sedyaningsih (Almarhumah).

Tahun 2020 ini, mulut Pengurus PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) mulai sejak dari Pengurus Besar, hingga Wilayah Provinsi dan Kabupaten – Kota, seakan terkunci. Terkunci karena wabah Covid 19 yang akhirnya menjadi musuh dokter dan dokter gigi.

Sudah menjadi kebiasaan setiap tahun mulai awal September sampai dengan bulan Oktober bahkan sampai akhir tahun, dokter gigi terutama pengurus PDGI semua tingkatan, disibukkan dengan kegiatan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional.

Peringatan itu diwarnai dengan beragam acara. Mulai dari kegiatan Ilmiah seperti Seminar, Hands On (keterampilan dokter gigi), diskusi panel, lomba tulisan dan poster ilmiah.

Kegiatan Pengabdian masyarakat, seperti Pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis, kunjungan ke panti jompo, gerakan gotong royong kebersihan, sikat gigi bersama ribuan murid Sekolah Dasar, lomba gigi sehat, lomba senyum cantik dan berbagai kegiatan lainnya, lomba mewarnai untuk anak anak Paud dan lain sebagainya.
Bahkan kegiatan itu menjadi lama dan panjang apabila disejalankan dengan BKGN (Bulan Kesehatan Gigi Nasional).

Kegiatan itu seakan menjadi hari harinya dokter gigi, berkumpul, berdiskusi, berkegiatan yang sama, bercengkerama dengan sesama dokter gigi, dengan mahasiswa dan masyarakat dengan penuh kegembiraan, dan menjadikan kegiatan itu sebagai ajang membangun silaturahmi dan menambah eratnya hubungan kekeluargaan sebuah keluarga besar “rumah gadang”nya PDGI.

Tahun 2020 ini, tidak terdengar riuh rendahnya suara dokter gigi itu. Mulut anggotanya yang dijamin pasti adalah dokter gigi seakan terkunci. Tidak ada suara. Apakah dokter gigi sudah lupa dengan hari pengabdiannya?.