Perkumpulan Dokter, Mungkinkah menjadi IDI Tandingan?;Oleh Dokter M.Nasser

oleh -

Perkumpulan Dokter, Mungkinkah menjadi IDI Tandingan?;Oleh Dokter M.Nasser

TIBA-TIBA saja muncul perkumpulan dokter baru. Namanya Perkumpulan Dokter seluruh Indonesia (PDSI). Rabu (27/4/22) yang dideklarasikan di Jakarta.

Menurut rilis yang disebarkan, Ketua Umum PDSI itu Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto, mantan Staf Khusus DR Terawan Adi Putro, Mantan Menkes, yang sudah diberhentikan secara tetap oleh Ikatan Dokter Indonesia. Karena posisi Ketua Umum, orang pun menebak: apakah PDSI didirikan untuk menandingi IDI? Deklarator PDSI tidak terang-terangan membenarkan pertanyaan itu. Ketua Umum PDSI, dibentuk untuk memenuhi hak warga negara Indonesia dalam berserikat dan berkumpul yang dijamin Pasal 28 UUD 1945 selaku konstitusi tertinggi di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berangkat dari pengalaman diri sendiri yang memiliki banyak perkumpulan atau organisasi para dokter dokter, misalnya saja tahun 1980, tidak lama setelah saya menjadi dokter, seorang senior mengajak saya menjadi anggota Perkumpulan Dokter Pemerhati Lingkungan Hidup.

Baca Juga:  Kunjungi Kepri Wagub Audy Joinaldy Jajaki Kerjasama Pariwisata dan Perhubungan

Saat itu kami menemui ibu Erna Witoelar sebagai Sekertaris Jenderal WALHI dan Pak Emil Salim sebagai Menteri PPLH saat itu. Saya juga punya seorang sahabat yang saat itu sangat aktif di Perkumpulan Dokter Penerima Bea Siswa Supersemar (DPBSS). Tahun 1983 saya bersama beberapa dokter di Jakarta dibawah restu Pak Haryono Suyono kami menghimpun diri dalam Dokter Keluarga Berencana. Tahun lalu kawan seangkatan saya berceritera di Ngawi dan di Makasar sangat aktif dalam Ikatan Dokter Sport Sepeda.

No More Posts Available.

No more pages to load.