PERSI Diharapkan Perhatikan Peningkatan Pelayanan Rumah Sakit.

by -

Semangatnews,Padang-Pengurus Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) ini diharapkan dapat bekerjasama dalam program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.PERSI juga mesti bersinergi melakukan upaya-upaya penjaminan mutu rumah sakit dengan bekerjasama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan juga kerjasama dengan bank-bank pemerintah terutama bank Nagari dengan pendekatan-pendekatan memperhatikan efektif efisien terutama dalam hal pembiayaan berobat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam acara Pelantikan pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) daerah Provinsi Sumatera Barat masa bakti 2018-2021, di Aula Rumah Sakit Umum M.Djamil Padang, Sabtu (5/1/2019).

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, daerah Sumbar ini adalah super market bencana mulai dari gempa, tsunami, longsor, banjir dan lainnya, saya berharap dengan kondisi ini, maka rumah sakit menjadi penting perannya dalam memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Banyaknya klaim BPJS merupakan suatu masalah bagi rumah sakit, tapi masih bisa diatasi secara bertahap dalam melakukan perhitungan biaya, ini yang paling perih dirasakan rumah sakit. Karena klaim bukanlah pendapatan tetapi biaya pengobatan.

“Banyak rumah sakit yang masih kurang alat kesehatan ini menjadi perhatian bagi pemerintah, karena dokter-dokter tidak bisa bekerja dengan maksimal, saya meminta agar dinas kesehatan bisa berkoordinasi dengan rumah sakit terkait biaya alat kesehatan,” ujar gubernur.

Irwan Prayitno, berharap RS. M. Jamil Padang dapat menjadi “word class” dalam pelayanan kesehatan di sumbar, agar masyarakat tidak lagi berobat keluar negeri yang hanya menjadi keluhan masyarakat kurangnya pelayanan dan alat kesehatan.

Untuk mari kita benahi bersama-sama dalam koordinasi pemerintah mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik di Sumatera Barat.

Terakhir Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan selamat dan sukses kepada Pengurus PERSI yang baru dapat mengemban amanah sebaik-baiknya demi peningkatan derajat kesehatan dan memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Sumbar.

Dalam sambutan dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes, selaku Ketua PERSI Pusat, menekankan bahwa berbagai ujian yang dihadapi PERSI saat ini haruslah diiringi dengan keyakinan dan tekad kuat PERSI untuk memperjuangkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Dengan dilantiknya pengurus PERSI Sumbar ini semoga dapat berjalan dengan baik, karena dalam pengurusan ini sudah dibagi beberapa kompartemen, seperti 1. Etika dan hukum, 2. Pendidikan, pelatihan dan pengembangan SDM, 3. Mutu dan pengembangan manajemen RS, 4. Pembiayaan dan pengelolaan dan 5. Jaminan Kesehatan, semua ini diawasi oleh Majelis Kehormatan Etik Rumah Sakit Indonesia (MAKERSI).

Semua ini dengan tujuan agar ada perbaikan yang signifikan dalam meningkatkan kinerja menjadi rumah sakit yang handal dan kebanggaan di daerah, ujar dr. Kuntjoro.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes, melantik Dr. dr. Yusirwan, SpB, SpBA (K), MARS, sebagai Ketua PERSI daerah Sumbar, dengan tanda penyematan pin dan penyerahan pataka sebagai kepercayaan untuk memperjuangkan berbagai perbaikan di bidang kesehatan, khususnya di daerah Sumbar. Pelantikan 37 anggota pengurus PERSI yang ikut dilantik sesuai dengan SK. No. 003/SK/PP.PERSI/I/2019.

Pelantikan ini dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Dinas Kesehatan sumbar, Direktur RSUP M.Djamil Padang, Ketua PERSI Pusat, Kepala BPJS cabang Padang dan tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.