Pilkada, ASN Diminta Jaga Netralitas dan Tetap Bekerja Profesional

oleh -

Pilkada, ASN Diminta Jaga Netralitas dan Tetap Bekerja Profesional

Semangatnews, Solok Selatan – Guna menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam proses dan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah/ Wakil Kepala Daerah propinsi dan kabupaten, Plt. Bupati Solsel H. Abdul Rahman mengingatkan para ASN khususnya dilingkungan Pemkab Solsel untuk menjaga netralitasnya.

“Kita meminta semua ASN untuk tidak terbawa arus dengan pelaksanaan Pilkada. Tetap jaga netralitas. Hal ini untuk kebaikan dari PNS itu sendiri, ” terang Abdul Rahman di Padang Aro, Jum’at 4/9.

Ia juga mendorong agar para ASN tetap fokus bekerja secara profesional, integritas, jaga kejujuran, bertanggungjawab, dan jaga kelurusan niat terhadap segala bentuk bidang pekerjaan yang dilakoni dan tidak terlibat dalam politik pilkada.

“Jadi ASN tidak usah ikut-ikutan dalam hiruk pikuk politik pilkada ini. Biarkan saja. Dan kalau masalah siapa yang akan dipilih ASN nanti sebagai sebuah hak buat mereka, maka dalam hati saja. Jangan jadi bagian dari Tim Sukses, karena tentu akan beresiko,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemkab Solsel telah mengeluarkan Surat Edaran berbomor 800/103/VIII/BKPSDM.

Surat Edaran yang di tandatangani oleh Asisten Pemerintahan Sekdakab. Solsel, Dr. H. Fidel Efendi atas nama Sekda Solsel itu pada intinya mengingatkan PNS agar taat dan patuh pada perundang-undangan dan peraturan yang berlaku dalam menyikapi pesta demokrasi yang dilaksanakan tahun 2020.

Pedoman untuk taat dan patuh dalam SE Pemkab. Solsel itu, berdasarkan Undang-undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, ” kata Kabag Humas Sekdakab. Solsel, Firdaus Firman.

Rujukan lain dari edaran pemkab. Solsel itu juga berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2020, Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 serta Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 21 tahun 2010,” tambahnya.