Pilwana Serentak di Pasaman 131 Calon Bertarung untuk 24 Nagari

oleh -

Pilwana Serentak di Pasaman 131 Calon Bertarung untuk 24 Nagari

Pasaman, semangatnews – Tersisa beberapa pekan lagi, Kabupaten Pasaman Sumatera Barat akan melaksanakan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) di 24 Nagari, pada 29 Maret 2020 mendatang.

24 Nagari tersebut, 131 Bakal Calon (Bacalon) Wali Nagari dari 16 kenagarian, akan mengikuti tahapan fit and proper test selama dua hari, Selasa-Rabu (25-26/2/2020), di perguruan tinggi Pasaman, yakni STAI Lubuksikaping.

Fit and proper test ini, sebagai tahapan seleksi tambahan yang bertujuan untuk menemukan individu yang pantas dan layak menduduki jabatan sebagai Wali Nagari.

Ratusan Bacalon Wali Nagari yang akan mengikuti fit and proper test tersebut, masing-masing berasal dari Nagari Simpang, Alahan Mati, Limo Koto, Ganggo Hilia, Ganggo Mudiak, Jambak, Binjai, Ladang Panjang, Malampah, Silayang, Langung, Lubuk Layang, Aia Manggih, Durian Tinggi dan Nagari Pauh.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman melalui Sekretaris Alim Bazar mengatakan, “penilaian hasil seleksi nanti, menggunakan sistim ranking oleh tim penilai. Selanjutnya, akan ditetapkan sebagai calon Wali Nagari oleh Panitia Pemilihan Nagari (PPN) di masing-masing Nagari”.

“Hasilnya nanti akan kami serahkan ke PPN, nilai lima tertinggi akan ditetapkan sebagai calon, kalau calonnya enam orang berati yang gugur satu, kalau tujuh gugur dua,”jelas Alim Bazar, Senin (24/2/2020).

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Nagari DPM Kabupaten Pasaman Rico Julyandra menyampaikan, “ujian fit and proper test bagi para bacalon Wali Nagari ini, akan diikuti oleh Nagari yang memiliki bacalon Wali Nagari lebih dari 5 orang. Sebab, calon dari masing-masing Nagari maksimal hanya 5 orang”.

Melalui fit and proper test ini, Rico Julyandra berharap, bisa menghasilkan calon Wali Nagari terbaik, dengan harapan, siapapun Wali Nagari yang terpilih nanti agar selalu memberikan yang terbaik bagi Nagari dan Daerah Pasaman.(Ay)