Pj. Gubernur Hamdani usulkan 9 Proyek Strategis Sumatera Barat Dalam Rakor Gubernur bersama Bappenas RI

oleh -
Pj Gubernur Sumbar Hamdani di damping Kepala Bappeda Sumbar

SEMANGATNEWS.COM – Menuju prioritas pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengh Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Indonesia, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ka Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa melakukan Rapat Koordinasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022 bersama Gubernur se Indonesia, melalui Zoom di daerah masing-masing, Selasa (23/2/2021).

Hadir mendampingi Pj. Gubernur Sumatera Barat, Dr. Hamdani, MM, M.Si, AK yaitu Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri, SE. Ak. MM. CFrA dan pejabat eselon III Lingkup Bappeda.

Baca Juga:  Kota Tegal Ajak Masyarakat dan Kota-kota di Indonesia Dorong Ekonomi Sirkular

Masing-masing Kepala Daerah diminta untuk menjelaskan beberapa usulan proyek yang sesuai dengan kriteria yang telah disampaikan kepada seluruh Bappeda seluruh Provinsi dalam rangka Penajaman Rencana Proyek Prioritas Strategis (Major Project) yang akan dilaksanakan di daerah tahun 2022.

Pj. Gubernur Hamdani memaparkan “Proyek Prioritas Provinsi Sumbar Dalam Mendukung Pelaksanaan Major Project Dan Proyek Nasional”. Isu strategis ditentukan berdasarkan permasalahan yang ada di provinsi Sumbar dan sesuai dengan hasil pembahasan pada saat pra Rakorgub.

Baca Juga:  Wabup Datuk Labuan Hadiri Rakor Pemberantasan Korupsi

Dan pemerintah provinsi Sumatera Barat mengusulkan 9 (sembilan) proyek prioritas. Dari sembilan proyek tersebut, 2 (dua) dukungan untuk pelaksanaan Proyek Utama dan 7 (tujuh) dukungan pelaksanaan prioritas nasional, yaitu:

1. Pembangunan jalan Trans Mentawai ruas Sigapokna – Labuhan Bajau sepanjang 17,95 km
2. Penyediaan air baku di daerah 3 T (tertinggal, terluar dan terdepan) dan kawasan strategis Daerah Pengembangan Pariwisata (DPP) Padang Bukittinggi
3. Pembangunan ruas jalan Bunga Tanjung-Teluk Tapang sepanjnag 31,4 km dan 5 buah jembatan.
4. Pembangunan kapal penyeberangan perintis Kepulauan Mentawai berupa pengadaan kapal antar Pulau Tipe Ro-Ro (300-500 GT, 150-200 Seat) sebanyak 4 unit.
5. Pembangunan Jalan Padang Aro-Lubuk Malako-Abal Sangir-Sei Dareh.
6. Panorama Pembangunan Flyover I Sitinjau Lauik sepanjang 2,6 km
7. Pembangunan jalan Pasar Baru Alahan Panjang sepanjang 7,46 km
8. Penyusunan Detail Engineering Design (DED) akses Jalan Teluk Tapang ke Sumatera Utara
9. Percepatan Penurunan Kematian Ibu Dan Stunting