Polres Payakumbuh Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik dari Kemenpan RB

oleh -

SEMANGATNEES.COM – Polres Payakumbuh berhasil menyabet predikat Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan publik tahun 2020. Evalusi ini dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira menyampaikan bahwa untuk menghadirkan pelayanan prima, pihaknya terus melakukan inovasi. Dari keseluruhan Polres-polres di jajaran Polda Sumbar, hanya Polres Payakumbuh yang memiliki Pelayanan Terpadu Satu Atap yang memberikan layanan untuk SPKT, SIM dan SKCK secara terintegrasi dalam satu atap bangunan. Hal tersebut juga sebagai upaya mendukung program prioritas Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan pelayanan Polri yang terintegrasi.

Baca Juga:  Gubernur DKI Jakarta Datang ke Cilacap Bahas Kerjasama Pengembangan Kebutuhan Pangan

Dijelaskan, Polres Payakumbuh memiliki inovasi layanan kepolisian yang berbasis IT maupun non-IT. Untuk program non-IT yang diunggulkan yakni Ruang Pelayanan Terpadu Satu Atap, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh, SKCK & Sidik Jari Satu Atap, Pylon Sign, Front Office, Check Bag X-Ray, Ruang Bermain Anak, Ruang Ibu Menyusui, Toilet Berkebutuhan Khusus & Kaum Rentan.

Baca Juga:  Ustadzah Ummi Pipit ; Hati Menentukan Baik-Buruknya Seseorang

Sistem jemput bola juga dilakukan kepada para pelanggan melalui inovasi SPKT Mobile yang memberikan pelayanan cek kesehatan gratis, pelayanan penerbitan SKCK, pelayanan penerbitan laporan kehilangan, pelayanan penerbitan laporan polisi, pelayanan penerbitan SIM yang juga dilengkapi dengan tes kesehatan dan psikologi serta pelayanan untuk pembayaran pajak STNK dan pengesahan STNK Tahunan.