Prediksi Saham, Penyebab Anjloknya Saham Saham Blue Chip: Saham Unilever, TBK (UNVR)

oleh -
Saham UNVR
Saham UNVR

SEMANGATNEWS.COM – Beberapa minggu belakangan saham saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau bias disebut saham blue chip mengalami penurunan yang cukup tajam. Sebut saja saham unilever (UNVR), saham yang menjadi primadona serta salah satu saham penggerak IHSG ini mengalami penurunan daya pikatnya.

Alhasil investor asing yang selama ini gemar membeli saham dengan sektor konsumer terbesar ini ramai ramai menjual sahamnya secara masif. Aksi ini membuat IHSG bergerak sideway atau jalan ditempat.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Pelaksanaan CPNS 2021 dan PPPK non Guru

Sebenarnya apa sih, penyebab saham saham bluechip ini berdarah darah disaat saham saham lain menikmati eforia kenaikannya?

Selain Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG, dimana naik turunnya IHSG merupakan cerminan atau rata-rata dari pergerakan semua saham yang diperdagangkan di BEI, maka ada juga indeks LQ45, yang merupakan cerminan dari pergerakan 45 saham anggota LQ45, yang sudah diseleksi oleh tim dari BEI berdasarkan kriteria tertentu, terutama karena likuiditas perdagangannya.

Baca Juga:  7 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Pilihan Para Sultan Online 2021

Jadi bisa dibilang bahwa 45 saham anggota LQ45 adalah saham-saham paling likuid di bursa. Pihak BEI sendiri melakukan evaluasi setiap enam bulan sekali dimana saham-saham yang tidak lagi memenuhi kriteria sebagai ‘saham LQ45’ akan dikeluarkan dari daftar, dan digantikan oleh saham lain sehingga jumlahnya tetap 45 saham.

Selama ini bobot pengaruh dari tiap-tiap saham terhadap indeks IHSG, dan juga indeks LQ45, itu dihitung berdasarkan kapitalisasi pasar atau market capitalization, atau market cap, dimana pergerakan saham dengan market cap besar akan lebih berpengaruh terhadap naik turunnya IHSG, dibanding pergerakan saham dengan market cap yang lebih kecil.

No More Posts Available.

No more pages to load.