Ramadhan dapat mempererat tali silaturahmi serta membangun kebersamaan

oleh -

Semangatnews Padang — Momentum bulan suci Ramadhan, dapat dijadikan sebagai sarana membangun syahru ukhuwah Islamiah, yakni membangun rasa persaudaraan, mempererat tali silaturahmi dan persatuan antar keluarga dan masyarakat.

Ungkapan ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno dalam tausiyahnya yang bertajuk “Indahnya Islam” penyejuk hati penguat iman bersama jajaran Biro Bina Mental dan Biro Sekretariat Provinsi Sumatera Barat di Istana Gubernuran, Kamis (25/4/2019).

Ustadz Irwan Prayitno menyampaikan, kesempatan di bulan Ramadhan ini, selain untuk memperkuat rohani dan spritual juga bisa menjadikan sarana untuk memperkuat rasa cinta kasih antar sesama.

Kebersamaan dapat mempererat jalinan ukhuwah Islamiyah sekaligis mnyadarkan tentang pentingnya kebersamaan dan kepedulian untuk membangun kehidupan bermasyarakat yang penuh kedamaian dan ketentraman dalam ikatan semangat persaudaraan.

“Dengan demikian rasa kesholehan harus melekat sebagai seorang muslim yang dekat dengan Allah dan selalu menjaga silahturahmi, ujar Ustadz Irwan.

Selain itu Ustadz Irwan Prayitno juga menganjurkan untuk melaksanakan Sholat Malam (Tahajud)

Sholat tahajud memiki banyak sekali manfaat juga keutamaan. Diantara manfaat dan keutamaan sholat tahajud adalah jalan meraih ridha Allah, dikabulkannya doa-doa dan juga pencegah dari berbuat dosa. Bahkan, karena banyaknya keutamaan dan manfaat sholat tahajud ini, Rasulullah tidak pernah meninggalkan sholat tahajud.

Keutamaan dan manfaat sholat di sepertiga malam ini,

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama sesuai dengan firman-Nya :

{وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (79)}

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”. (QS : Al-Isro’ : 79).

Keutamaan Sholat Tahajud
Keutamaannya sangat luar biasa, yang membuat kita seharusnya termotivasi untuk membiasakan diri mengamalkannya, diantaranya :

1. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

2. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

3. Menenangkan Hati

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa.

“Bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga, ini merupakan isyarat dari Allah agar kita melaksanakan Sholay Tahajud,” ucapnya.

4. Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana

5. Menolak Penyakit

Di antara keutamaan tahajud adalah menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan shalat sunnah ini akan dijaga kesehatannya dan dijauhkan dari penyakit. Keutamaan ini telah terbukti secara medis.

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.(nov)