Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda Mentawai Cacat dan Langgar Tata Tertib

by -

Rapat Paripurna Pengesahan Ranperda Mentawai Cacat dan Langgar Tata Tertib

Semangatnews, Tua Pejat – Pengambilan Keputusan Rapat Paripurna pengesahan RAPBD kabupaten Kepulauan Mentawai untuk tahun 2020 Jumat, 29 November 2019 dinilai cacat dan melanggar tata tertib DPRD setempat. Bahkan ini termasuk penghinaan terhadap anggota DPRD yang beragama Islam.

Tata tertib DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai Nomor 1 th 2019 pasal 107 huruf b, halaman 74 menyatakan bahwa mana kala rapat dilaksanakan hari Jumat jadwalnya harus jam 09.00-11.30 WIB.

RASYIDIN SYAIFUL, salah seorang anggota DPRD kabupaten kepulauan Mentawai dari partai hanura, kepada Semangatnews, Minggu 1 Desember 2019 lwat Whatshap, membenarkan peristiwa itu.

Ia sangat menyesalkan dan akan mempertanyakan keabsahan rapat paripurna tersebut kepada pimpinan dewan.

Rasyidin dari fraksi Musara Kasimaeru, anggota badan anggaran dan anggota komisi 1 di DPRD Mentawai lebih jauh mengatakan, Ranperda RAPBD kabupaten kepulauan Mentawai tahun anggaran 2020 yang diserahkan oleh Bupati Mentawai ke DPRD belum pernah dibahas oleh badan anggaran DPRD dan TAPD sebagaimana diatur dalam PP nomor 12 tahun 2018, dan Peraturan DPRD nomor 1 tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD kabupaten kepulauan Mentawai pasal 17 ayat (3).

Bahkan, katanya, Badan musyawarah DPRD Mentawai juga tidak pernah mengagendakan rapat pada hari jumat tgl 29 Novembero 2019 jam 11.30.

Hal ini sebagaimana diatur dalam tata tertib pasal 105 ayat (4) .

Baca :Anggota DPRD Mentawai Yang Islam Dilecehkan, Rapat Paripurna Saat Mereka Sholat Jumat.

Lebih ironisnya pimpinan tidak mengundang anggota DPRD untuk mengikuti sidang dimaksud sebagai mana diatur dalam pasal dan ayat yang sama.

Ditegaskan Rasyidin, Tatib DPRD pasal 107 huruf b “jadwal rapat DPRD hari jumat dimulai pukul 9-11.30, sementara rapat dimaksud di adakan tgl 29 nov 2019 dimulai jam 11.30 disaat kami anggota DPRD yg islam telah menuju masjid untuk melaksanakan sholat Jumat waktu Tuapejat.(zln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.