Refleksi Pembangunan Sumbar 5 Tahun Tetakhir; Peduli Hak Asasi Manusia

oleh -

Gubernur Irwan Prayitno saat menerima penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo

SEMANGATNEWS.COM- Salah satu keberhasilan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno lima tahun terakhir (2015-2020) adalah kelihaiannya membina daerah bawahannya yakni kabupaten/kota yang peduli Hak Asasi Manusia.

Sehingga dengan demikian pemerintah pusat memberikan penghargaan bertepatan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia se dunia. Adalah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menyerahkan penghargaan tersebut di The Sunan Hotel Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12).

Irwan Prayitno memimpin Sumbar periode ke dua dinilai berhasil membina Pemerintah Daerah (Pemda) di bawah kepemimpinannya untuk menjalankan pemerintahan berlandaskan penghormatan terhadap HAM setiap individu.

Tak hanya itu, kriteria penilaian lain yakni, Permenkumham nomor 34 Tahun 2016 adalah dengan terpenuhinya 6 kategori, yaitu hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perumahan yang layak, serta hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

Irwan Prayitno tatkala menerima penghargaan tersebut menekankan, wajib hukumnya bagi Pemda untuk memenuhi hak asasi rakyatnya.

Pemenuhan hak hidup dasar merupakan amanat bagi pemimpin agar rakyatnya mendapatkan kelayakan di sektor pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lingkungan hidup.

Selain Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, sebanyak 14 kabupaten dan kota di Sumatra Barat juga menerima penghargaan serupa sebagai Kabupaten atau Kota Peduli HAM.

Penghargaan untuk kabupaten dan kota dibagi ke dalam beberapa jenjang atau tingkatan kepedulian Pemda terhadap HAM.
 
Sebanyak 10 kabupaten atau kota yang mendapat predikat Peduli HAM adalah Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Payokumbuh, dan Kota Pariaman.

Sedangkan empat kabupaten atau kota lainnya yang menerima predikat Cukup Peduli HAM adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Limapuluh Kota.-zln-hms