Refleksi Pembangunan Sumbar 5 Tahun Terakhir; HPN 2018 Membawa Berkah

oleh -

Refleksi Pembangunan Sumbar 5 Tahun Terakhir; HPN 2018 Membawa Berkah

SEMANGATNEWS.COM- Salah satu keberhasilan Sumbar 5 tahun terakhir ( 2015-2020) adanya Peringatan Hari Pers Nasional 2018. Alek Insan Pers seluruh Indonesia ini digelar setiap tahun dan tanggal 9 Februari.
Terus terang berkat lobi kuat gubernur Sumbar Irwan Prayitno lah maka HPN di tetapkan di Sumbar.

Awalnya, panitia pusat ragu, karena belum adanya titik temu antara panitia pusat dengan panitia daerah.

Namun untunglah Irwan Prayitno yang Ninik mamak itu, segera memutuskan dan meminta PWI pusat berkenan menetapkan Sumbar sebagai tuan rumah. Gubernur bersama Ketua DPRD Sumbar mengeluarkan surat Rekomendasi menyatakan kesediaan sebagai tuan rumah.

Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo dinilai berlangsung sukses.

Tidak hanya dari sisi pelaksanaan, namun juga sukses karena memberi dampak positif ekonomi dan sosial terhadap kota pelaksanaan.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno merasa bersyukur karena HPN 2018 memberi dampak nyata terhadap Sumatera Barat lewat berbagai komitmen pembangunan oleh kementerian dan BUMN.

Ia mengatakan akan menindaklanjuti komitmen pembangunan tersebut agar bisa segera direalisasikan oleh pemerintah pusat.

“Kalau dihitung-hitung, program dari kementerian dan BUMN itu bernilai triliunan rupiah,” katanya di Padang saat bertemu dengan beberapa pengurus PWI Pusat dan PWI Sumbar, Rabu (14/3/2018).

Berdasarkan hasil FGD selama HPN 2018 tercatat lebih dari 42 program kementerian yang akan segera dilaksanakan antara lain revitalisasi Seribu Rumah Gadang, penataan kawasan desa terindah di dunia di Pariangan Tanah Datar, jalan tol, pengembangan wisata di Mentawai, hingga kereta api bandara.**