RKPDes 2020 Tingkatkan Ekonomi Unsur Masyarakat Goisooinan

oleh -

RKPDes 2020 Tingkatkan Ekonomi Unsur Masyarakat Goisooinan

Semangatnews, Mentawai – Rancangan Kegiatan Pemerintah (RKPDes) tahun 2020 mampu menujang Ekonomi Masyarakat Desa Goisoionan, kecamatan Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai.

Musyawarah Desa (Musdes) untuk menerima Aspirasi berupa usulan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 diharapkan berdampak untuk kesejahteraan semua unsur Masyarakat.

Melalui itu, pentingnya peranan Tim Verifikasi RKPDes untuk mengambil keputusan.

“Intinya Musdes ini bertujuan mensejahterakan semua unsur Masyarakat dalam peningkatan Ekonomi Masyarakat,” ungkap Kepala Desa Goisooinan, Hasan Basri kepada Wartawan saat Musdes di Desa Goisoinan. Jumat, (02/08/2019).

Tim Verifikasi yang tergabung dari Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Organisasi Masyarakat setempat.

Untuk membangun desa Goisooinan lebih baik lagi pada Musdes tersebut dihadiri Camat Sipora utara, Kepala Desa, Badan Permusyawarahab Desa dan Masyarakat.

“Kita bentuk Tim Verifikasi untuk mengevaluasi RKPDes sesui kesedian anggaran,” tambah Hasan Basri.

Dikatakan, hal yang menjadi Prioritas Desa Gosiooinan adalah Jalan Pertanian dan saluran Irigasi sebagai Akses Distribusi hasil Pertanian. Tentunya untuk meningkatkan Ekonomi Masyarakat.

Meski demikian, usulan dari bidang Pendidikan, Kesehatan dan Olahraga tetap menjadi pertimbangan. Pasalnya, menjadi pendukung bagi keberlangsungan hidup Masyarakat.

Sementara itu, Ketua BPD Gosioinan, Selsius Samangilailai mengakui, Musdes ini agak di percepat mengingat pencairan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) pada bulan Januari 2020 mendatang.

“Saat Verifikasi RKPDes nanti kita tetap Proiritaskan program yang menjadi kebutuhan Masyarakat,” ungkap Selsi.

Program Prioritas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat Goisooinan. Salah satunya, Bidang Transportasi.

“Kita masih Prioritaskan Pembangunan jalan Pertanian. Sebelumnya, ada tiga titik jalan Pertanian. Pada tahun 2020 kita selesaikan sampai 400 Meter,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Wakil BPD Goisoinan, Jaibi Sakerebau menerangkan bahwa, sebagai Pengawas Desa pihaknya merespon baik usulan itu agar dapat terealisasi pada APBDes tahun 2020.

“Tentunya sebagai Pengawas RKPDes pihaknya mengenjot Desa supaya usulan tersebut terlaksana,” sebut Jaibi.

Selanjutnya, untuk Jalan Pertanian ia mengemukakan dapat mendorong peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Untuk Pariwisata melalui kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) disebutkan saat ini terkendala. Namun pihaknya telah bersepakat untuk melakukan Evaluasi agar dapat berjalan sesui harapan Masyarakat Goisooinan.

“Saat ini BUMDes tidak ada ditempat. Namun kita telah memberitahu Desa agar menyurati BUMDes untuk memberikan laporan pertanggung jawaban program tahun 2018,” tegas Jaibi.(Erik)