Salat Sunnah Gerhana Bulan di Tenda “Arafah” Masjid At Tabayyun : Peristiwa sekali dalam 195 tahun

oleh -

Salat Sunnah Gerhana Bulan di Tenda “Arafah” Masjid At Tabayyun : Peristiwa sekali dalam 195 tahun

SEMANGATNEWS.COM- Beginilah suasana salat sunnah Khusuf di Tenda Masjid At Tabayyun, Taman Villa Meruya, Jakarta Barat, saat Gerhana Bulan Total berlangsung Rabu (26/5) malam. Sejak petang Warga Muslim di Taman Villa Meruya berangsur -angsur memenuhi Tenda ” Arafah” At Tabayyun untuk mendirikan salat sunnah berjamaah gerhana bulan.

Baca Juga:  Panduan Cara Daftar Online CPNS SUMBAR dan PPPK 2021, Catat Berkas dan Syaratnya!

Peristiwa astronomi yang terjadi sekali dalam 195 tahun itu diikuti secara khusuk oleh warga Muslim komplek TVM yang mengisi penuh saf saf salat di tenda yang diatur dengan jarak aman sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Rasulullah Nabi Muhammad Besar SAW menurut khotib menyunahkan umatnya untuk mendirikan salat sunnah berjamaah setiap kali peristiwa gerhana seperti itu terjadi. Imam dan Khotib salat ini Ustaz DR Jazuli Suryadi, S Ag, dengan tema ” Tema Gerhana sebagai Kebesaran dan Kekuasaan Allah”

Baca Juga:  Program IMA Memudahkan Analisa Issue Guna Mendorong Kemajuan Pembangunan Daerah

Mengutip Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
_“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”_
(HR. Bukhari no. 1044).

// Sekitar 15 menit //

Baca Juga:  Bertambah Satu Orang Lagi Warga Payakumbuh Meninggal Dunia, 10 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Dewan Mesjid seluruh Indonesia ( DMI) Provinsi DKI dalam edarannya menginformasikan gerhana bulan total berlangsung sekitar 15 menit dari pukul 18.11 WIB hingga pukul 18.26 WIB.
Salat sunnah khusuf dua rakaat ini memiliki tata cara tersendiri dalam pelaksanaanya. Setiap rakaat 2 kali ruku, 2 kali baca Al-Fatihah dan Surah Pilihan, dan 2 kali sujud.

No More Posts Available.

No more pages to load.