Sanggar Permata Hati Diundang Disarasehan Kearifan Lokal Nasional

oleh -
IMG-20191203-WA0069

Sanggar Permata Hati Diundang Disarasehan Kearifan Lokal Nasional

Semangatnews, Padang – Sanggar Permata Hati Kota Padang mendapat kepercayaan dari Kementrian Sosial Repubik Indonesia untuk tampil pada acara Sarasehan Kearifan Lokal Tingkat Nasional yang berlangsung 3-6 Desember 2019 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Irwan Basyir Dt. Rajo Alam menyebutkan terpilihnya Sanggar Permata Hati dipastikan dengan adanya surat dari Kementrian Sosial RI nomor 928/LJS.PSKBS/PB.02/11/2019 tanggal 25 November 2019 tentang undangan untuk menghadiri acara Sarasehan Kearifan Lokal tersebut.

“Kita sebelumnya sudah memberikan bantuan kearifan lokal kepada sejumlah komunitas seni di Sumatera Barat. Kebetulan dari beberapa yang sempat dilihat langsung oleh utusan Kementrian Sosial RI, Sanggar Permata Hati dianggap yang terbaik. Terbukti selain mengirim surat resmi, mereka juga menyebutkan agar membawa para penari Sanggar Permata Hati untuk ditampilkan pada acara itu nanti,” ujar Irwan.

Irwan mengakui bahwa untuk kegiatan di Surabaya itu juga akan diikuti oleh beberapa tokoh lain yang telah ditentukan seperti Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tenaga Pelopor, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. “Namun saya menjadi salut ketika pihak Kemensos menyebutkan langsung bahwa khusus untuk Sanggar, maka yang diminta adalah Sanggar Permata Hati,” tambah Irwan.

Meski untuk penampilan di Surabaya nanti pihak Kemensos hanya meminta satu tari, namun Ketua Sanggar Permata Hati Ny. Welfrydha Nofi Sastera mengaku tetap menyiapkan dua tari. “Undangannya saya dengar hanya meminta satu tari saja. Ini mungkin mengingat bahwa selain kita, juga akan tampil sejumlah sanggar atau komunitas dari daerah lain di Indonesia. Namun bagi kita, berjaga-jaga jauh lebih baik, daripada nanti ada permintaan, kita ternyata tidak siap,” ujar Welly, panggilan akrab Ketua Sanggar Permata Hati ini.

Ny. Welfrydha juga mengaku sangat berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Kemensos RI untuk penampilan nanti. Tak lupa ia mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan dan perhatian dari Dinas Sosial Kota Padang dan Dinas Sosial Provinsi yang telah menunjuk Sanggar Permata Hati sebagai salah satu penerima bantuan kearifan lokal tahun 2019 ini.

“Jujur, tak terlintas sedikitpun akan mendapat penghargaan seperti ini. Karena itu In Shaa Allah nanti kita akan berusaha tampil maksimal dan sebaik mungkin di Sarasehan,” tambah Welly.

Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi didampingi Kabid Linjamsos Martias juga mengaku bangga atas penunjukan Sanggar Permata Hati ini. “Meski Kami tidak bisa membantu apa-apa untuk keberangkatan ini karena anggaran Kami sudah habis, namun jujur Kami bangga dengan penunjukan ini. Sudah cukup sering kita mendapatkan bantuan program Kearifan Lokal ini dari Kemensos RI. Namun baru kali ini peserta kita terpilih untuk ditampilkan di acara puncak sarasehan lokal ini,”ujar Afriadi Kepala Dinas Sosial Kota Padang.(zln)