Satpol PP Sumbar Telah Bekinerja Baik, Termasuk Sebagai Garda Terdepan Pencegahan Covid-19

oleh -
Gubernur Sumatera Barat di wakili Asisten Pemerintah Setda Prov Devi Kurnia,SH.MM dalam rakor HUT Satpol PP se-Sumbar, Rabu (17/3/2021).

SEMANGATNEWS – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa urusan pemerintahan sudah terbagi jelas dan tegas sebagai aparat pemerintah daerah. Ada enam urusan wajib Satpol PP dalam yang berkaitan dengan pelayan dasar yakni, pelayanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan membangun dan penataan ruang, perumahan rakyat dan pemukiman, Trantibum, perlindungan masyarakat dan sosial. Enam tugas ini menjadi tugas-tugas wajib yang diemban selama ini, yang ditugaskan oleh pemerintah daerah. Itu salah tanggungjawab yang besar di dalam pelayanan pemerintah.

Baca Juga:  Sampah Berserakan, Rumput Hilalang Tumbuh Subur, Destinasi Wisata "Jembatan Akar" Puluik-puluik Bayang Utara, Pesisir Selatan Tak Terpelihara

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Asisten Pemerintahan Devi Kurnia, SH.MM dalam Rapat Forum Koordinasi HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-71 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-59 Tahun 2021, Kepala Satpol PP se Sumatera Barat di Aula Kantor Gubernur Rabu (17/3/2021).

Hadiri oleh Direktur Pol PP dan Linmas, DR. Bernhard E Rondonuwu, S.Sos.,M.Si., Kepala Satpol PP Provinsi Sumbar, Dedy Diantolani dan Kepala Satpol PP se Sumbar.

Baca Juga:  Tinjau NTT, Panglima dan Kapolri Fokuskan Evakuasi Korban dan Kirim Bantuan

Gubernur Sumbar lebih lanjut katakan, tugas Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat. Kita meminta agar Satpol PP menjalakan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dipenuhi.

Pelayanan itu yakni, pelayanan ketentraman ketertiban umum, informasi tentang rawan bencana tentang pencegahan dan kesiapsiagaan, layanan penyelamatan dan evakuasi bencana, dan evakuasi tentang kebakaran.