Seorang Wanita Lansia Diduga Hilang Dihutan, BASARNAS Kerahkan Tim SAR Gabungan

oleh -
IMG-20190821-WA0044-01

Seorang Wanita Lansia Diduga Hilang Dihutan, BASARNAS Kerahkan Tim SAR Gabungan

Semangatnews, Limapuluh Kota – Berawal dari laporan masyarakat Jorong Kabun Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban, Seorang lansia Yusma (63) pada Selasa (20/8/2019) sore diduga hilang dihutan menuju ladang miliknya.

Menurut salah seorang anaknya widya (16) mengatakan, sebelum meninggalkan rumah dirinya sempat mengatakan kepada anakmya tersebut hendak pergi keladang menyusul suaminya yang sudah dulu ke ladang miliknya.

Sesampainya dirumah setelah dari ladang, sang suaminya pulang dengan keadaan heran karena istri yang awalnya akan menyusul keladang namun hingga sore hari tak kunjung datang. Setelah menanyakan keberadaan istrinya dirumah keluarga korban mulai sadar bahwa Yusmi yang dengan kondisi cukup lemah telah menghilang.

Setelah dibantu oleh warga sekitar untuk mencari keberadaan Yusmi disekitar Jorong laban hingga pukul 19.30 wib namun tak ditemui, akhirnya warga bersama wali jorong kabun menghubungi pihak berwajib diantaranya pihak kepolisian serta BASARNAS Pos SAR Limapuluh Kota.

Wali jorong Kabun Jairis mengatakan, setelah dibantu oleh warga untuk mencari keberadaan korban. Namun hingga malam Yusma warganyatak kinjung bertemu dan pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang.

“Setelah kita coba mencari keberadaan korban yang merupakan salah satu warga kita bernama Yusma (63) dan sudah lanjut usia, namun hingga malam hari korban tidak ditemukan dan dikhawatirkan tersesat dihutan menuju ladang miliknya. Akhirnya kita melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian dan BASARNAS.” Terang Jairis.

Hingga Rabu (21/8/2019) pagi pencarian terhadap Yusma terus dilakukan, dengan dibantu oleh BASARNAS Pos SAR Limapuluh Kota di bantu oleh anggota Polsek Luhak, Koramil 04, BPBD Limapuluh Kota, Pemerintah Nagari serta Warga Nagari Halaban.

Selaku Kepala Kantor SAR Padang Asnedi.,S.Sos M.Si didampingi Kasie Ops Zul Indra, SH melalui Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota Robi Saputra kepada media mengatakan pihaknya telah memerintah sepuluh orang personil untuk kelapangan guna melakukan operasi pencarian orang hilang. Dan selain itu dia juga mengatakan pihaknya dibantu oleh Pemerintah Kecamatan Lareh Sago Halaban serta Polsek Luhak, Koramil 04, BPBD Limapuluh Kota dan Warga sekitar.