SMKN 4 Padang Lahirkan Generasi Bikin Usaha Sendiri

oleh -

SMKN 4 Padang Lahirkan Generasi Bikin Usaha Sendiri

Semangatnews, Padang – Pendidikan Seni Rupa – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Padang, memproduk siswa dengan talenta bakat kesenirupaan seseorang merupakan pendidikan setara Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang mampu melahirkan generasi membuat lapangan kerja sendiri.

Hal ini diungkap Ketua Umum Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-54 tahun Zardi Syahrir, SH. MM, bertepatan pada tanggal 25 September 2019, melalui portal berita semangatnews.com, Sabtu siang (21/9/2019).

Lebih lanjut Zardi menyampaikan, talenta bakat seperti melukis, mematung, multigrafis, mengukir, membuat motif batik merupakan skil individual yang dapat membawa sessorang mandiri dalam membuat usahanya sendiri.

” Hanya saja, pengetahuan pengelolaab usaha, standar produk dalam meningkatkan daya saing membutuhkan tambahkan pengetahuan, tentang teori dan pengalaman manajemen mengelola usaha mereka. Rata-rata tamatan siswa pendidikan senirupa maunya memiliki usaha sendiri walupun kecil tapi itu akan memberikan kebebasan berkarya bagi dalam mengembangkan usahanya”, ungkap Ketua Umum Pelaksana.

Zardi tambahkan, karya dan inovasi yang dilakukan siswa dalam memaksimalkan kemampuan senirupa dirinya mesti dalam posisi bebas tanpa tekanan lembaga atau seseorang atau kelompok yang membuat dia berkarya berinovasi bersaing produk dengan yang lainnya.

” Usaha periklanan, advertising, sablon, pembuatan stempel, percetakan, membuat sanggar lukisan, dan kelompok kerja kreatif, cendramata, tugu monumen hingga membuat taman-taman dirumah maupun mempercantik perkotaan lebih modren. Seorang senirupa dengan imajinasi karya berkreatifitas tinggi, namun selama ini kendala spesifik soal permodalan, manajamen pemasaran dan masih rendahnya apresiasi masyarakat Sumbar dalam usahanya menjadi tantangan besar dalam percepatan memajukan usaha mereka, terang Zardi.

Alumni yang juga anggota panitia HUT, Rahadi Defiyandra yang juga memilki usaha advertising menyampaikan, optimis usaha kesenirupaan di Sumatera Barat ke depan akan semakin maju dan berkembang. Hal ini dilihat dilapangan terutama lokasi-lokasi wisata dan animo kunjungan wisata ke Sumatera Barat semakin ramai.

“Jika saja pemerintah daerah kabupaten/kota memberi peluang dan dukungan akan usaha-usaha produk kesenirupaan di daerahnya masing-masing, maka perkembangan kemajuan usaha masyarakt secara umumpun akan meningkatkan pula” ujarnya.

Defi juga menambahkan, karakter dan didikan budaya kita menjadi modal kuat bagi perupa-perupa Sumbar mampu memproduksi karya-karya terbaik, karena orang minang berpikir kritis dan tidak mau kalah.

“Jangan biarkan produk-produk senirupa bangsa lain membanjiri lokasi wisata daerah kita. Dukungan pemerintah dan para BUMN/BUMD amat perlu dalam membangkitkan semangat berkarya para perupa-perupa di Sumatera Barat tidak akan kalah hebatnya”, serunya bersemangat.

Kepala SMKN 4 Padang Taharuddin SPd. MPd, ditempat terpisah membenarkan kedua penyataan diatas. Dalam beberapa kali rapat persiapan HUT SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang mengemuka soal kerjasama ataupun dukungan perhatian pemerintah provinsi, soal program, pembinaan pelatihan mutu dan kualitas karya terutama pada Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan, Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Pariwisata.

“Panitia telah lakukan audiensi dan pembicaraan awal bagaimana sinergitas ke 4 OPD dengan SMKN 4 Padang dan para alumni dapat diwujudkan. Makin tumbuh subur usaha kesenirupaan tentunya juga akan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat Sumbar”, pungkas Taharuddin.