Syafrial Kani: MAN 1 Padang memiliki filialnya di Bungus Teluk Kabung

oleh -

Syafrial Kani: MAN 1 Padang memiliki filialnya di Bungus Teluk Kabung

Semangatnews, Padang – Ternyata MAN 1 Padang memiliki filialnya di Bungus Teluk Kabung dan terkendala persoalan tanah lokasi bangunan sekolah. Hal itu diperoleh ketika dikunjungi Komisi IV DPRD Kota Padang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Syafrial Kani, Rabu (2/9/2020).

Hadir juga pada kesempatan itu Ketua Komisi IV Azwar Siry didampingi beberapa anggota Komisi IV seperti Mastilizal Aye, Zulhardi Z Latif, Dewi Susanti, Andi, Mukhlis, Zalmadi dan sekretariat DPRD.

Permasalahan yang ditemukan di sekolah agama tersebut yaitu persoalan kepemilikan tanah dan status pendirian bangunannya di lokasi daerah pertanian. DPRD Kota Padang menampung aspirasi pihak sekolah didampingi para tokoh masyarakat dan Kementerian Agama serta berjanji segera akan membicarakannya dengan Pemko Padang, ulas Ketua DPRD.

Soal letak bangunan sekolah tersebut di area pertanian, perlu direvisi Perda RTRW Kota Padang. Pemerintah Kota Padang dan DPRD Padang mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) No.4/2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Padang tahun 2010-2030 tanggal 15 November 2018.

Walikota Padang Mahyeldi saat itu mengatakan pengesahan RTRW itu penting dilakukan sebagai landasan hukum bagi program pengembangan ibukota Provinsi Sumatra Barat itu di masa mendatang.

Perda itu juga sekaligus rencana yang sinergis dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan menjadi pedoman dalam pemanfaatan ruang dalam wilayah kota.

Perkembangan kota, sebutnya, mengharuskan pemda untuk melakukan evaluasi terus menerus dan peninjauan kembali rencana tata ruang, agar disempurnakan dan mengakomodir kebutuhan masyarakat yang terus berkembang dan keseimbangan wilayah.

Mahyeldi menyebutkan penyempurnaan tata ruang kota akan terus dilakukan melalui evaluasi dan penilaian, sehingga acuan pembangunan menjadi terukur.