Tahun 2020 Piala Soeratin dalam Pangkuan PSP Padang

oleh -

Tahun 2020 Piala Soeratin dalam Pangkuan PSP Padang

Semangatnews, Padang – Klub kebanggaan Kota Padang, Persatuan Sepakbola Padang (PSP) U-15 menorehkan tinta emas di kancah persepakbolaan Tanah Air. PSP U-15 memboyong Piala Soeratin usai mengandaskan lawannya Gabsis Sambas, wakil Kalimantan Barat dengan keunggulan 2-1 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (29/2/2020).

Usai dinobatkan sebagai kampiun, Piala Soeratin diterbangkan dari Solo ke Padang. Piala ini mendarat mulus di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Minggu (1/3/2020) sore.

Piala Soeratin adalah sebuah turnamen kompetisi sepakbola di Indonesia yang diperuntukkan bagi pemain sepak bola yang berusia 18 tahun ke bawah. Pada tahun 2012 PSSI meregulasi kompetisi Piala Soeratin diperuntukkan bagi pemain sepak bola yang berusia 17 tahun ke bawah.

Nama Soeratin diambil dari nama depan mantan ketua umum PSSI  yang pertama yaitu Soeratin Sosrosoegondo untuk mengenang jasa-jasa dia dalam merintis dan membangun sepak bola Indonesia.

Tahun 2020 ini PSP Padang untuk pertama kalinya mampu menjuarai dalam kondisi persepak bolaan Sumatera Barat sedang lesu, dimana PS Semen Padang tersingkir dari Liga Utama PSSI dan PSP senior belum menunjukan keberadaannya dalam percaturan sepakbola nasional.

Kedatangan Piala Soeratin disambut Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di pintu kedatangan bandara. Piala yang dibawa Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa beserta jajaran pengurus PSP, Kadispora, dan seluruh penggawa PSP U-15 tiba di Padang sekira pukul 17.45 Wib.

Piala Soeratin kemudian dielu-elukan. Diarak keliling Padang dengan rute BIM – Adinegoro – Khatib Sulaiman – Rumah Dinas Wali Kota di jalan A.Yani. Meski hujan mengguyur, Piala Soeratin yang dibawa oleh iring-iringan mobil Jeep ini tiba di Rumah Dinas Wali Kota Padang menjelang maghrib.