Tingkatkan Layanan Publik, Pemkab Komit Dirikan MPP dan Perkuat Paten di Solok Selatan

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Guna meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berkomitmen untuk mempersiapkan pendirian Mal Pelayanan Publik (MPP), sesuai arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui PERMENPAN RB No. 23 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

MPP didirikan dengan tujuan menggabungkan pelayanan yang diselenggarakan oleh Kementerian/lembaga/pemerintah daerah/BUMN/BUMD/BUM Swasta dalam satu tempat, yang semuanya dalam rangka memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan publik.

Baca Juga:  IPB Universitas Dengan Inovasi Pertanian, Terbaik di Asia Tenggara

“Kita dari Pemkab Solok Selatan berkomitmen mendirikan Mal Pelayanan Publik untuk meningkatkan layanan publik kepada masyarakat,” terang Pj. Sekdakab Solok Selatan Doni Rahmat Samulo, di sela-sela kunjungan studi tirunya ke MPP Pemko Payakumbuh Kamis 4/3/21.

Tidak hanya MPP, Doni juga berpendapat agar Pelayanan Administrasi Terpadu di Kecamatan (PATEN) juga diperkuat dalam pelayanan publik kepada masyarakat, apalagi dengan geografis wilayah Solsel yang saling berjauhan satu dan lainnya, yang tentu berbeda kesulitannya dengan daerah kota.

Baca Juga:  Peredaran Narkoba Kembali Digagalkan Tim Gagak Hitam Payakumbuh

“MPP perlu kita siapkan dari sekarang. Namun pelayanan melalui PATEN juga harus ditingkatkan kewenangannya, agar masyarakat juga tidak terlalu jauh berurusan ke ibukota kabupaten,” ujarnya.

MPP nanti menurutnya juga harus sejalan dan sinkron dengan penguatan pada layanan PATEN, agar masyarakat betul-betul terbantu dalam hal pengurusan berbagai layanan publik.

Doni mengatakan bahwa komitmen ini akan segera dilaporkan kepada pimpinan daerah terpilih nantinya agar MPP bisa didirikan di Solsel.