TNI AL Tenggelamkan Dua Kapal Filipina ke Dasar Laut Tidore Kepulauan

oleh -
Dua kapal nelayan asing asal Filipina, masing-masing F/B Rashell, F/B Yanreyd, dimusnahkan dengan peledak berdaya ledak tinggi oleh TNI AL Ternate, Sabtu (1/4/2017). | Foto : RRI

SEMANGAT TERNATE – Dua kapal nelayan asing asal Filipina, masing-masing F/B Rashell, F/B Yanreyd, dimusnahkan dengan peledak berdaya ledak tinggi oleh TNI AL Ternate, Sabtu (1/4/2017).

Peledakan yang dilakukan TNI AL Ternate menggunakan TNT 150 kg yang diletakan pada beberapa bodi kapal yang ditenggelamkan.

Berdasarkan pengamatan RRI di lokasi, pemusnahan menggunakan KAL Tidore milik TNI AL Ternate membuat hampir sebagian bodi dua kapal asal Filipina perlahan-lahan tenggelam ke dasar laut.

Dua kapal asing tersebut ditenggelamkan pada kedalaman 75 meter dengan radius 600 meter persegi, di selat Gamelamo perairan Tahua Kota Tidore Kepulauan.

Selain dua kapal yang diledakan ini, dalam waktu dekat Lanal Ternate juga menjadwalkan akan melakukan penenggelaman kapal lain, yakni  FB/LB Rashel DH 101 di depan Taman Nukila Ternate untuk dijadikan sebagai objek wisata bawah laut, serta kapal F/B Santo Nino Aqua yang akan dipotong dan dibakar di Pelabuhan Perikanan Bastiong Ternate.

Empat kapal nelayan asing ini ditangkap kapal Komando Armanda RI Kawasan Timur TNI AL KRI Karel Satsiut Tubun (356) di kawasan perairan timur Indonesia Malut, karena melakukan penangkapan ikan tanpa dokumen lengkap. (sumber: RRI)