UNESCO: Kebebasan Pers di Indonesia Terbaik se Asia Tenggara

by -
UNESCO: Kebebasan Pers di Indonesia Terbaik se Asia Tenggara

SEMANGAT Jakarta – Kebebasan pers di Indonesia sudah sangat baik jika dibandingkan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Perwakilan UNESCO di Indonesia Ming Kiok Lim mengatakan kebebasan pers di Indonesia kini sudah mencapai tahap contoh untuk negara lain di Asia Tenggara.

“Kendati demikian, bila dibandingkan negara lainnya di dunia masih di bawah negara-negara Skandinavia, seperti Finlandia karena mereka saat ini masih berada di urutan tiga besar negara dengan kebebasan pers terbaik,” terang Ming Kiok Lim kepada RRI di sela-sela kegiatan fun walk dalam rangka World Press Freedom di Gedung Dewan Pers Jakarta, Minggu (23/04/2017).

Menyinggung masih maraknya kekerasan terhadap jurnalis di Indonesia, Ming menyatakan pihaknya telah membuat jurnal laporan setiap dua tahun.

“Dalam laporan ini kami mendetilkan setiap kasus kekerasan terhadap pekerja media, dan di Indonesia masih ada satu kasus tahun 2006 yang masih dalam proses dan diharapkan dalam waktu dekat segera selesai,” tambahnya.

Acara jalan santai dalam rangka Word Press Day di hadiri sekitar seratus pekerja media yang membawa spanduk tentang kampanye kebebasan pers. Acara ini dibuka dan diikuti oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang turut berjalan kaki dari Gedung Dewan Pers jalan Kebon Sirih Jakarta hingga bundaran HI. (sumber:RRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.