Usaha Batok Kelapa Kerajinan Industri Rumah Tangga Hidupi Empat Anggota Keluarga

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Batok Kelapa dijadikan kerajinan indusri rumah tangga. Hal itu disampaikan Taupa Reza Permana di Batusangkar baru-baru ini.

Taupan Reza Permana pemuda kreatif berasal dari Jorong Talago Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Menjawab pertanyaan Wartawan, pria dua anak ini katakan, usaha kelapa ini dia tekuni sudah tiga tahun, demi untuk mencari sesuap nasi untuk menghidupi empat anggota keluarga.

Namun terkendala biaya untuk pengembangan nya, tapi kita tidak patah semangat dan selalu diberi motivasi sang pendamping setia Riska Amelinda.

Baca Juga:  Wabup Richi Aprian Resmikan Festival Pesona Adat Nagari Pangian

Kerajinan yang dibuat bahan bakunya berupa batok kelapa, dengan cara dibeli kepada masyarakat nagari setempat, tapi tidak mencukupi, terpaksa dibeli di tempat tempat lain.

Produk yang sudah dihasilkan atas usaha Taupan bermacam macam jenis sesuai permintaan konsumen, seperti Lampu hias , Teko, Cangkir , Celengan , Asbak , Cincin , Aksesoris mainan kunci.

Menyangkut dengan pelatihan yang ia ikuti, berupa pemasaran yang dilaksanakan Koperindag Tanah Datar, tapi tidak ada sosolusinya untuk mencarikan mitra kerja.

Baca Juga:  PS. Machudum's Kandas 2 - 1, PSBS Bakal Hadapi Persiju Minggu Besok

Saat ini Taupan cari pemasaran melalui WA, Fecebook, kadang ada, kadang tidak, pemasaran yang sudah dicoba sekitar sumbar, propinsi Riau, Jambi.

Kendala yang dihadapi selama ini berupa modal, belum sepersenpun bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kata Taupan.

Harapan dari Taupan pada Pemerintah Daerah ingin mempunyai Galeri sendiri kemudian petinggi petinggi Tanah datar lebih memperhati- kan usaha kerajinan produk lokal. (MSy)

No More Posts Available.

No more pages to load.