Virus Corona, Arab Saudi Hentikan Umrah Sepanjang 2020

oleh -

Virus Corona, Arab Saudi Hentikan Umrah Sepanjang 2020

Semangatnews, Jakarta- Pemerintah Arab Saudi dilaporkan menghentikan sementara kegiatan umrah selama tahun 2020 guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin parah.

Selain itu, Saudi juga melarang sementara penduduknya untuk melaksanakan ibadah umrah guna menghindari penyebaran virus corona. Larangan umrah bagi warga setempat diberlakukan setelah Saudi mengonfirmasi kasus kematian kedua akibat virus corona.

“Kami menghentikan sementara ibadah umrah untuk penduduk dan pemukim di kerajaan,” demikian isi pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dikutip AFP, Kamis (5/3).

Beberapa waktu lalu mereka juga mengentikan sementara penerbitan visa umrah bagi warga asing karena khawatir akan penyebaran virus corona yang semakin parah di Timur Tengah.

Jutaan umat Islam di seluruh dunia mengunjungi Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya, dengan dua per tiganya merupakan penduduk Arab Saudi.

Dengan demikian, keputusan penangguhan ibadah umrah pun berpotensi memberikan dampak yang besar.

Namun, sampai saat ini mereka belum memberikan keterangan apakah larangan tersebut juga akan berdampak terhadap pelaksanaan ibadah haji tahun ini, sehingga menimbulkan ketidakpastian bagi calon jemaah.

Di di 2019 saja, sebanyak 2,5 juta orang di seluruh dunia mengunjungi Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menyatakan informasi Pemerintah Arab Saudi menangguhkan pelaksanaan umrah selama tahun 2020 tidak benar.

Endang mengaku sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf memastikan kabar tersebut.

“Dia [Abdurahman Al Segaf] mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar,” ujar Endang dalam keterangan resmi dikutip dari website Kementerian Agama RI.