Wagub Audy Hadiri Pembukaan Fornas VI di Palembang

by -

SEMANGATNEWS.COM – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy, Jumat (1/7/2022) malam menghadiri pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan, di Arena Dayung Jakabaring Sport City, Palembang, oleh Menteri Pemuda Olahraga Zainuddin Amali.

Dalam Fornas ke-VI ini Sumbar mengirim 434 atlet yang berlaga pada 23 induk organisasi (Inorga) dari 56 Inorga yang dipertandingkan. Dari seluruh kontingan Sumbar yang diberangkatkan, 125 orang diantaranya dibiayai oleh APBD Sumbar dan 309 orang dengan biaya Mandiri. Dana yang bersumber dari APBD dikucurkan sebanyak Rp200 juta dan dana hibah sebanyak Rp2,5 milyar.

Wagub Audy hadir di Fornas VI Palembang, didampingi oleh Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumbar Aristo Munandar dan Kadispora Sumbar Dedy Diantolani, serta Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumbar Aschari Cahyaditama.

Pembukaan Fornas VI ditandai pelepasan ketapel ke udara oleh Menpora dengan didampingi Ketua KORMI Pusat Hayono Isman dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang dimeriahkan dengan pesta kembang api.

“Saya yang mewakili Presiden Jokowi dengan ini membuka secara resmi Fornas VI di Sumatera Selatan,” kata Menpora.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora berpesan kepada peserta untuk tidak menjadikan Fornas ini sebagai ajang untuk mengejar prestasi tapi lebih kepada upaya untuk memasyarakatkan olahraga. Oleh karena itu, ia sangat mendukung adanya keputusan bersama dengan tidak ditetapkan juara umum dan rangking daerah pada ajang ini.

“Olahraga masyarakat memang mungkin saja belum populer dibandingkan olahraga prestasi, tapi sejatinya bila bicara keolahragaan maka meliputi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat,” kata Menpora.

Olahraga masyarakat ini masuk dalam bagian dari UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting.

Sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi ambil bagian pada ajang yang sempat tertunda selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, 1-7 Juli 2022.
Fornas VI ini mempertandingkan 709 nomor pertandingan dari 55 induk olahraga tradisional dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan serta ditambah 14 cabang olahraga eksibisi sehingga total menjadi 64 cabang olahraga.(*)

Diskominfotik Prov. Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.