Wagub Audy: Intensifikasi Lahan Dukung Produksi Beras Solok

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Intensifikasi lahan menjadi salah satu kunci meningkatkan produksi beras di Kota Solok yang memiliki lahan sempit untuk mendukung produksi beras secara provinsi.

“Intensifikasi lahan perlu dilakukan. Setelah masa panen, lahan kembali ditanami sehingga produktifitas bisa terus ditingkatkan,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat mengikuti Panen Raya dan Penyerahan bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani di Kota Solok, Senin(27/9/2021).

Baca Juga:  Kabupaten Kepulauan Mentawai Siap Sosialisasikan Fungsi dan Tugas BPSK

Selain itu pemanfaatan teknologi dan alat-alat pertanian juga akan meningkatkan efektivitas yang pada ujungnya juga akan meningkatkan produktifitas dan menguntungkan petani.

Audy menyebut Kota Solok bukan pada posisi sebagai daerah sentra beras di Sumbar, tetapi daerah satelit untuk mendukung produksi secara keseluruhan.

Namun Solok memiliki keunggulan dengan jenis beras premium dengan kualitas dan harga tinggi yaitu Beras Solok.

Baca Juga:  Buya Gubernur Letakkan Batu Pertama Masjid Baburrahim Batu Basa Senilai Rp21,3 Miliar

Komoditas ini harus diberikan perhatian khusus dalam hal hilirisasi yaitu packaging atau pengemasan. “Tidak masanya lagi Beras Solok dijual menggunakan karung. Harus diganti dengan kemasan yang lebih baik dan menarik agar nilainya menjadi lebih tinggi. Ini yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” ujarnya.

Dengan pengemasan yang lebih baik, maka ekspansi pasar bisa dilakukan secara lebih luas sehingga akan menguntungkan bagi petani.

Baca Juga:  Melalui Humanity Food Bus, Aksi Cepat Tanggap Solok Gelar Operasi Makan Gratis Bagi Masyarakat Prasejahtera

Wali Kota Solok, Zul Elvian mengucapkan terima kasih atas perhatian yang luar biasa dari pemprov Sumbar untuk peningkatan produksi Beras Solok.

No More Posts Available.

No more pages to load.