Wagub Nasrul Abit : Sumatera Barat Pasca Pemilu 2019 Aman Dan Damai

oleh -

Wagub Nasrul Abit : Sumatera Barat Pasca Pemilu 2019 Aman Dan Damai

Semangatnews, Padang – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menerima audiensi sekaligus bersilaturahmi dengan Korps Alumni Keluarga Mahasiswa Minang Jakarta Raya (KA. KMM JAYA) di rumah dinasnya, Jumat (12/7/2019) malam.

Pada acara tersebut Nasrul Abit menyampaikan beberapa hal terkait kondisi Sumbar saat ini, diantaranya keadaan Sumbar pasca Pemilu, kehidupan sosial masyarakat, terutama perkembangan generasi muda yang di Sumbar.

Dia menjelaskan, pasca Pemilu beberapa bulan lalu keadaan di Sumbar bisa dikatakan aman dan damai, tidak ada gejolak besar yang merusak tatanan stabilitas daerah. Namun ada beberapa kejadian, dimana ada beberapa orang anggota KPPS yang meninggal dunia saat menjalankan tugasnya.

“Petugas KPPS tersebut berasal dari beberapa daerah, seperti Pasaman, Pasaman Barat, Padang, Padang Pariaman, Solok, Pesisir Selatan dan Agam. Dari keseleruhan yang meniggal disebabkan faktor kesehatan. Dan keluarga yang ditinggalkan sudah mendapat bantuan dari pemerintah,” terangnya.

Untuk kehidupan sosial, terutama generasi muda, Wagub mengatakan harus mendapat perhatian karena sudah mengkhawatirkan, dan LGBT merupakan pemberi masalah terbesar bagi generasi muda di Sumbar termasuk juga penyalahgunaan obat-obat terlarang.

Menurutnya hal tersebut harus bisa dicari jalan keluar, salah satunya dengan komitmen bersama dan lebih mengaktifkan lagi tigo tungku sajarangan.

“Data dari RS M. Djamil Padang dari keseluruhan penginap HIV, 70 persennya penyebabnya karena LGBT, hal ini sangat menyedihkan, apalagi Minangkabau adalah daerah yang adatnya berlandaskan kepada Islam,” ujarnya.

“Saat ini yang paling berat adalah pembinaan kepada generasi muda yang tetap berpegang terhadap agama dan budaya dalam menghadapi kehidupan,” ujarnya kembali.

Selain hal diatas Nasrul Abit juga menyampaikan, tahun 2020 akan ada beberapa kegiatan besar yang akan dilaksanakan di Sumbar, diantaranya MTQ Nasional, Penas Tani dan juga Pilkada serentak di Sumbar.

Sementara itu, Ketua KA. KMM JAYA Harmaini Limra menyebutkan, kedatangan ke Sumbar dengan tujuan utamanya adalah melihat dan membantu sesuai dengan kemampuan.

“Pada 9 Juli kemarin kami beraudinesi dengan Bupati Padang Pariaman, kemudian kami ke Sungai Limau untuk menyerahkan bantuan Al-Quran sebanyak 1.250 buah dan esoknya audiensi dengan DPRD Provinsi Sumbar,” jelasnya.

“Semoga dengan kunjungan kami ini akan bisa membantu pembangunan Sumbar kedepannya” sebut Harmaini.

Usai mengadakan pertemuan, rombongan foto bersama dengan suasana ceria.