Wako Fadly Amran Sampaikan Tanam Cabe Kendalikan Inflasi

by -
Wako Fadly Amran Sampaikan Perlunya Tanam Cabe Kendalikan Inflasi

SEMANGATNEWS.COM, PADANG PANJANG — Selain menyerap aspirasi warga RT. 5 Kelurahan Guguk Malintang dan RT. 10 Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Sabtu malam, (1/10), Wali Kota H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano turut menyampaikan perlunya gerakan bersama mengendalikan inflasi dengan menanam cabe.

” Salah satu faktor inflasi di Sumatera Barat disumbangkan oleh komoditi Cabe. Hal ini perlu ditanggapi serius. Artinya kalau di rumah-rumah menanam cabe, setidaknya, tidak terpengaruh turun dan naiknya harga cabe,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, Kondisi saat ini Sumbar belum bisa menyuplai kebutuhan cabe dalam daerah, masih banyak dipasok dari jawa.

” Jadi kalau harga cabe naik di jawa, Sumbar akan menerima imbasnya. Penting bagi kita sebagai warga negara yang baik mengerti situasi kondisi. Kadang-kadang harga beras, harga cabe bisa mempengaruhi perekonomian. Seperti juga harga BBM,” katanya.

Pada APBD perubahan, sebut Wako, disepakati anggaran 300 juta rupiah membeli bibit cabe yang akan diberikan kepada masyarakat . ” Ini menjadi gerakan supaya masyarakat tahu penting bagi kita swasembada cabe,” ujar wako.

Menurutnya, tugas pemerintah mengatur agar harganya stabil. Gerakan menanam cabe, lanjut Fadly, telah diinisiasi Pemko bersama Kodim 0307, Polres, Kajari dan Forkopimda, beberapa waktu lalu. Alhasil, ditanggapi positif oleh pusat sehingga Padang Panjang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 8,9 Miliar.

“Cuma dua daerah di Sumbar Kota Padang Panjang dan Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan DID,” sebut Fadly seraya menyebutkan dana tersebut akan disalurkan untuk kepentingan masyarakat seperti industri rumah tangga yang membutuhkan, merangkak dari usaha kecil ke menangah.

Disamping itu, Wako menyampaikan terdapat bantuan pendidikan, bisa diperoleh di sejumlah jalur.
Seperti melalui Bansos untuk yang terdaftar di DTKS. Kemudian Baznas, penerima melalui rekomendasi, dan CSR untuk anak berprestasi.

Sementara itu, diantara aspirasi, warga meminta antisipasi pohon besar yang dikhawatirkan roboh sehingga menimpa rumah serta lahan. Lalu, penerangan jalan di pertigaan.

Tampak hadir, Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si, Camat PPT, Drs. Asrul dan pejabat terkait lainnya. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.