Walikota Riza Minta OPD Lakukan Efisiensi Program dan Perbanyak Zona Integritas

oleh -31 views
IMG-20190716-WA0042

Walikota Riza Minta OPD Lakukan Efisiensi Program dan Perbanyak Zona Integritas

Semangatnews, Payakumbuh – Pemerintah Kota Payakumbuh kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) antara pimpinan dengan perangkat daerah. Rakor fokus membahas Perbaikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan reformasi birokrasi (RB). Rakor berlangsung di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balaikota Payakumbuh, Eks Lapangan Poliko, Selasa siang (16/7).

Dalam sambutannya, Walikota menekankan pentingnya Kota Payakumbuh memperoleh nilai sempurna atau prediket A dalam SAKIP. Tahun lalu, Kota Payakumbuh meraih nilai sangat baik atau prediket BB dengan skor 71,66.

“Saya minta tahun ini nilai SAKIP kita A. Kenapa? Karena kinerja dan prestasi kita diukur dari sini. Referensi kita bukan daerah di Sumbar lagi, tapi pulau Jawa atau daerah top nasional,” ujar Walikota Riza dalam arahannya.

Dikatakan walikota, salah satu langkah yang akan dilakukan pihaknya adalah dengan melakukan refocusing program.

“Refocusing maksudnya mengurangi program melalui penggabungan program yang punya outcome dan sasaran yang sama agar terwujud efektifitas dan efisiensi anggaran. Jadi program atau kegiatan dak usah banyak-banyak,” ujar Walikota Riza Falepi.

Dijelaskan walikota, langkah refocusing dalam rangka pencapaian prediket SAKIP A tersebut sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi dalam pidato penyampaian visi dan misi presiden dan wakil presiden terpilih, Minggu (14/7).

“Pidato Presiden Jokowi kemarin jelas bahwa beliau akan total melakukan reformasi birokrasi. Nah, salah satu ukuran reformasi birokrasi adalah SAKIP. Sebetulnya SAKIP kita sudah bagus, sudah jadi Top di Sumbar, cuma masih BB belum dapat A,” tegas Walikota Riza.

Dalam rangka mempercepat pencapaian nilai SAKIP A tersebut, walikota juga akan memperbanyak zona integritas (ZI) di sejumlah perangkat daerah. Dikatakan, saat ini nilai ZI Payakumbuh baru B dengan indeks reformasi birokrasi 61,69.

“Untuk indeks RB kita masih peringkat tiga di Sumbar. Tahun ini kita akan genjot dengan memperbanyak zona integritas, misalnya di MPP, Dinas Dukcapil, seluruh kecamatan dan beberapa kelurahan sampel. Semoga dengan itu indeks RB kita bisa jadi yang tertinggi di Sumbar,” pungkas Walikota Riza.

Disamping dihadiri Wakil Walikota dan Sekda, Rakor juga dihadiri para Asisten, Staf Ahli dan seluruh Kepala Perangkat Daerah bersama pejabat struktural eselon III dan IV yang membidangi program.