Wawako Erwin Irup Upacara Peringatan HUT Otonomi Daerah Ke-22 Tingkat Kota Payakumbuh

oleh -

Semangatnews Payakumbuh-Wakil Walikota Payakumbuh, H. Erwin Yunaz memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-22 tahun 2018 tingkat Kota Payakumbuh. Upacara berlangsung di halaman Balaikota Payakumbuh, ex. Lapangan Poliko pada Rabu (25/4). Upacara diikuti oleh ratusan ASN sebagai perwakilan dari seluruh OPD yang ada di Kota Payakumbuh.

Turut hadir, perwakilan unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Benni Warlis, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh. Adapun tema peringatan kali ini adalah “Mewujudkan Nawacita melalui Penyelenggaraan Otonomi yang Bersih dan Demokratis”.

Baca Juga:  Daftar Daerah Sumbar yang Terkena PPKM Darurat Seperti Jawa dan Bali

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Payakumbuh membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo. Dalam sambutannya, Mendagri mengungkapkan bahwa usia otonomi daerah yang sudah sampai diangka ke-22 menunjukkan usia kedewasaan.

“Menapaki usia ke-22 ini, pelaksanaan otonomi daerah sudah banyak memberi manfaat dan kebaikan bagi masyarakat. Cara utama dan efektif untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis, sesuai dengan tema peringatan kali ini,” ungkap Mendagri.

Baca Juga:  PKPS Sumbar Galang Dana Program Bantuan Beras untuk Dunsanak Terdampak Covid 19

Mendagri menekankan agar dalam menjalankan kewenangan otonomi,  pemerintah daerah tidak hanya didasarkan kepada kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan semata, tetapi juga menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar tolak ukur dalam pengambilan kebijakan sehingga bisa dipertangungjawabkan kepada rakyat.

“Implementasi penyelenggaraan otonomi daerah harus didasarkan pada aspek kelembagaan bukan kehendak seseorang atau kelompok tertentu dan taat pada prinsip bahwa semua warga negara punya hak dan kewajiban yang sama di mata hukum,” jelas Mendagri.

No More Posts Available.

No more pages to load.