Workshop Bimbingan Konseling Pemprov. Sumbar, Kelas Yang Terbaik

by -

Semangatnews, Emersia hotel – Workshop bimbingan konseling bagi Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, telah berjalan dengan baik dan kelas ini penuh inovasi dan motivasi dinamika yang hidup dalam pembelajaran baik perserta maupun tim pengajar.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang diwakili Sekretaris BKD Rini Oktavianti, ST. MSi, pada acara penutupan Workshop Bimbingan Konseling Bagi PNS Dilingkungan Pemprov. Sumbar, Batusangkar, Rabu siang (28/11/2018)

Lebihlanjut Rini menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan untuk bagaimana pejabat eselon III di lingkungan masing-masing nantinya dapat memberikan bimbingan dan koseling kepada bawahan yang bermasalah.

Pengajaran dengan terory dan praktek latihan sesuai sesi, yang diberikan oleh Konselor Universitas Indonesia, telah menambah pengetahuan bagi pegawai dalam menambah wawasan. Dalam pengamatan saya, kelas Workshop terbaik tahun 2018, dengan suasana yang hidup dan semua aktif memberikan atensinya disetiap sesi pelajaran.

Terkait gagasan memberntuk tim bimbingan dan konseling oleh peserta workshop, sebenarnya sudah ada perencanaan BKD akan membentuk “Conseling Center”, namun kini masih terkendala sarana dan prasaran yang dibutuhkan, seperti pegawai yang memiliki keilmuan bidang konselor dan sebagainya.

Namun apakah nanti peserta workshop bimbingan konseling ini demgan sertifikat Tim Pisikologi UI dapat manfaatkan tentu butuh kajiaan juga lebih lanjut, ungkapnya.

Muhammad Rizal Ginting, PSi salah seorang Tim Pisikologi Univesitas Indonesia menyampaikan, kita telah melakukan banyak hal dalam pengajaran bimbingan konseling kepada peserta sebagai menambah masukan bagi pejabat eselon III untuk membimbing dan konseling bagi bawahan yang bermasalah.

Tahap yang dilakukan selama 4 hari ini berjalan baik, dan terlihat peserta memahami dan telah mempraktekannya dengan handal. Tentu ini akan menjadi modal besar bagi upaya meningkatkan kinerja aparatur melalui bimbingan dan konseling bagi PNS yang bermasalah oleh peserta nantinya di tempat kerja.

Semoga kegiatan bimbingan dan koseling di pemerintah provinsi Sumatera Barat dapat berjalan sebagaimana mestinya dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, ujarnya.

Ketua group peserta Workshop Bimbingan Konseling tahun 2018, Zardi Syahrir, SH. MM, dalam kesempatan itu menyampaikan group peserta Workshop Bimbingan Konseling dapat dijadikan Tim Bimbingan dan Koseling Provinsi Sumatera Barat membantu kawan-kawan PNS di setiap OPD yang dinilai sedang bermasalah kepegawaian.

Bimbingan dan konseling ini perlu dilakukan pada saat sesorang PNS sedamg bermasalah, sehingga bisa berikan pencerahan dan memotivasi kembali bangkit bekerja sesuai tanggung jawabnya dan tupoksi. Bimbingan konseling bagi PNS tentua bagian dari membuka diri dan mencari solusi serta memberikan pandangan yang lebih baik.

Usulan pembentukan tim bimbingan konseling pemprov Sumbar ini tentunya merupakan kewenangan BKD dan OPD terkait lainnya menetapkannya sesuai ketentuan yang berlaku, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.