Zalmadi: Dampak Covid-19 Sebabkan Anjloknya Perekonomian Masyarakat dan Pendidikan

oleh -

Zalmadi: Dampak Covid-19 Sebabkan Anjloknya Perekonomian Masyarakat dan Pendidikan

Semangatnews, Padang – Meskipun dalam suasana Covid-19, tugas kedewanan menjemput dan menampung aspirasi konstituennya tetap dilaksanakan oleh Zalmadi selaku anggota DPRD Padang.

Anggota Fraksi Persatuan Berkarya NasDem kembali melaksanakan reses masa sidang III tahun 2020 di Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sabtu (5/9/2020).

Reses kali ini mengikuti protokol kesehatan Covid-19, tetap jaga jarak, konstituen dibatasi dan diwajibkan memakai masker. Disamping itu, lokasinyapun dibatasi.

Zalmadi selaku anggota dewan Dapil Kuranji ini memaparkan, di tengah pandemi Covid-19, berbagai informasi disampaikan konstituennya. Salah satunya dampak yang terjadi, anjloknya perekonomian rakyat. Selain itu proses sekolah secara daring, menjadi kendala bagi masyarakat.

“Apalagi saat ini Padang merupakan zona merah. Jadi, semua anggaran direfocusing guna penanganan persoalan Covid-19. Sehingga dana untuk kegiatan lain kena imbasnya. Pembangunan terhambat, bahkan kegiatan fisik yang sudah dianggarkan pun batal dilaksanakan karena dana APBD fokus dialokasikan buat penanganan Covid-19, ” pungkas Zalmadi.

Ia menjelaskan, mayoritas kegiatan infrastruktur tahun 2020 ini ditunda dengan adanya Covid-19. Anggaran lebih difokuskan pada penanganan virus corona sehingga pembangunan stagnan,” kata putra Kuranji ini.

Anggota Komisi IV DPRD Padang ini melanjutkan, kegiatan reses ini dilaksanakan sangat penting untuk menghimpun dan menyerap berbagai aspirasi masyarakat guna meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan walaupun saat ini sedang dilanda virus corona.

” Setiap ada agenda reses anggota dewan, memaksimalkan setiap kesempatan untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Namun dengan kondisi Covid-19 ini semua dibatasi, apa lagi pemda juga membuat aturan agar mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19,” ulas Zalmadi.

Menurutnya, reses kali ini memang berbeda dengan reses sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19 ini kegiatan reses anggota DPRD dibatasi. Semua harus sesuai protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, cuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak duduk, dan biasa 8 titik, saat ini hanya 5 titik,” ujar Zalmadi.