1 Syawal Ditetapkan Jatuh Hari Kamis, Pemerintah Himbau Tak Sholat Ied di Masjid

by -

1 Syawal Ditetapkan Jatuh Hari Kamis, Pemerintah Himbau Tak Sholat Ied di Masjid

SEMANGATNEWS COM- Seiring telah ditetapkannya 1 Syawal jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021,Pemerintah provinsi Sumatera Barat menghimbau umat islam untuk tidak melaksanakan sholat Ied di Masjid, Mushalla dan lapangan. Himbauan itu ditujukan pada daerah yang penyebaran virus covid 19 berada pada zona merah dan orange.

Dalam sebulan ini di Sumbar, warga terpapar covid meningkat tajam. Ada 15 kabupaten/ kota dinyatakan zona merah dan oranye.
Untuk itu,Gubernur Sumbar Mahyeldi, minta Bupati dan Walikota menghimbau warganya tidak sholat Ied di massjid dan atau di lapangan terbuka.

Kota Padang, yang posisi terkini masuk zona orange (2,38), juga menghimbau warganya untuk tidak melaksanakan kegiatan sholat Ied 1442 H di Masjid atau rumah ibadah lainnya. “Silakan sholat di rumah masing masing”, himbau Walikota Padang Hendri Septa dalam surat edarannya hari ini.

Kecuali itu Wako Padang juga memerintahkan aparatnya mengawasi berbagai objek wisata. Selama suasana lebaran objek itu harus tutup.

Daerah yang telah menindaklanjuti himbauan gubernur Sumbar adalah Kota Padang, Bukittinggi, Agam, Payakumbuh dan Pesisir Selatan.

Namun dari himbauan Wako Padang itu ada yang menjadi tanda tanya bagi warga. Kenapa aktifitas sholat Ied yang hanya memakan waktu 2 jam dilarang. Sementara sejumlah mall di kota Padang bebas didatangi pengunjung. Dalam sepekan ini, terlihat Mall selalu penuh oleh warga yang berbelanja.

Mulai dari Plaza Andalas, Mall Basko dan Rocky Plaza di Permindo. Tentu saja Pasar Raya Padang lebih pesat lagi, sebut Gusfen Khairul yang tinggal di Komplek Unand Gadut.

Menurutnya tidak perlu dilarang ummat muslim melaksanakan sholat Ied di masjid dimana mereka tinggal. Yang penting ditegaskan harus patuhi protokol kesehatan. Ini yang harus ditekankan pada Pengurus Masjid atau panitianya. Janganlah kita sebagai ummat muslim dibatasi betul untuk beribadah. Apalagi pelarangan ini masuk tahun ke dua tidak boleh sholat Ied di Masjid atau Mushalla.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.