11 Tahun Berdiri, Bank Sampah Sarunai Terus Bergerak dan Semakin Aktif

oleh -

SEMANGATNEWS.COM, PADANG PANJANG – Berdiri sejak 2011, keberadaan Bank Sampah Sarunai sampai saat ini masih aktif lantaran dibutuhkan masyarakat. Bank sampah yang digagas Forum Kota Sehat ini berlokasi di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT).

Tahun 2014, Kantor Lingkungan Hidup Padang Panjang sebagai salah satu pembina Forum Kota Sehat, membangunkan sarana prasarana bank sampah yang berlokasi di RT 4 kelurahan itu dan disepakati namanya menjadi Bank Sampah Sarunai. Sejak tahun 2016, ditetapkan sebagai Bank Sampah Induk Kota Padang Panjang.

Baca Juga:  Wawako Asrul Lakukan Sidak dan Silaturahmi ke OPD Usai Cuti Lebaran

Direktur Bank Sampah Sarunai, Hariyanto, A.Md mengaku, sejak adanya bank sampah ini masyarakat merasa terbantu dalam mengurus sampah yang ada di rumahnya.

Diceritakan Hariyanto, saat ini aktivitas di bank sampah itu sampai sekarang masih berjalan baik. Bahkan operasionalnya sudah memiliki jadwal tetap, yaitu setiap Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB.

Operasional ini merupakan transaksi menabung dari nasabah. Ada yang diantar langsung ke bank sampah, dan ada yang dijemput dengan becak motor bank sampah.

Baca Juga:  Masyarakat Gerak Cepat Menuju Masjid Saat Bancalaweh Diguyur Hujan

“Kami melakukan penjemputan ke nasabah dalam bentuk kawasan yang nasabahnya lebih dari 10 orang. Jadi saat kami jemput, bisa dua atau tiga kali becak motor bolak-balik karena banyaknya tabungan sampah nasabah,” katanya, Rabu, (11/5).

Kalau dirata-ratakan, sebutnya, hampir 85% sampah tabungan nasabah berupa sampah plastik. Sedangkan sampah kertas, kaleng atau besi tidak seberapa.

No More Posts Available.

No more pages to load.