8 Pjs Bupati/Walikota Dilantik; Adib di Padang Pariaman, Zainuddin di Bukittinggi

oleh -

8 Pjs Bupati/Walikota Dilantik; Adib di Padang Pariaman, Zainuddin di Bukittinggi

Semangatnews, Padang- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjelang magrib Jumat 25/9 melantik 8 Pejabat Sementara(pjs) bupati/walikota lantaran bupati/walikota definitif menjalani cuti untuk keperluan kampanye sebagai tahapan pilkada 2020.

Pejabat 71 hari yang mulai bertugas besok 26 september hingga 5 desember 2020 adalah pejabat pemprov Sumbar mulai dari asisten hingga kepala dinas dan kepala badan.

Dari delapan pejabat tersebut dua diantaranya menjadi sorotan publik dan anggota DPRD Sumbar. Mereka adalah Zainuddin Kepala Badan Keuangan Daerah ( BKUD) yang ditunjuk Irwan sebagai Pjs Walikota Bukittinggi dan Adib Alfikri yang kini Kepala Dinas Pendidikan Sumbar dilantik sebagai Pjs bupati Padang Pariaman.

Zainuddin adalah besan Irwan Prayitno dan Adib adalah adik kandungnya sendiri.

Nurnas anggota DPRD Sumbar dari fraksi Demokrat tatkala mendengar Zainuddin ditunjuk sebagai pjs walikota Bukittinggi mengancam tidak akan membahas anggaran tahun 2021.

Bukan masalah primordial dan kknnya, tetapi Zainuddin itu pejabat institusi fital dan kunci dalam pembahasan anggaran dengan DPRD.

Jadi, kalau Zainuddin merangkap jabatan dapat dipastikan Ia tidak fokus nantinya. Mana yang harus didahulukan, karena di tempatnya yang baru di Bukittinggi banyak pula tugas penting yang tidak bisa disambilkan. Utamanya dalam pelaksanaan Pilkada, kata Nurnas saat dihubungi.

Sedangkan tentang Adib, publik menilai, terkesan Irwan memaksakan adiknya. Padahal tugasnya sebagai Kepala Dinas Pendidikan mendapat nilai minus, yang diawali saat penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020.

Pejabat pemprov Sumbar yang ketiban reski 71 hari itu adalah Jasman Rizal untuk Solok Selatan, Asben Hendri yang sehari- hari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan dilantik sebagai pjs Walikota Solok.