BPBD Agam Lakukan Pelatihan KSB bagi Masyarakat Kecamatan Tanjung Raya Maninjau

oleh -

BPBD Agam Lakukan Pelatihan KSB bagi Masyarakat Kecamatan Tanjung Raya Maninjau

Semangatnews, Agam – Para pemuda dan utusan lembaga masyarakat Agam mengikuti pelatihan dan pembinaan Kesiap Siagaan Bencana (KSB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab Agam dan Damkar di kantor camat Tanjung Raya Maninjau, Senin (23/12/2019).

Adelina Sovya, S.Ag. Ketua UMKM Kecamatan Palupuh ikut dalam kepesertaan menyampaikan, kegiatan ini bagaimana menyiapan jiwa dan raga masyarakat untuk siap siaga hadapi bencana.

“Kita tahu beberapa waktu terakhir ini kabupaten Agam ditimpa bencana alam banjir dan lonsong yang mengakibatkan kerugian masyarakat dan fasilitas umum lainnya. Walaupun tidak ada korban jiwa, tentu ini yang menjadi prioritas dalam penanggulangan bencana bagaimana masyarakat selamat dari ancaman bencana”,

Adelina juga mengatakan, pelatihan yang dilakukan ini benar-benar memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam menghadapi bencana.

“Tapi yang jelas pelatihan ini juga menambahkan wawasan dan perteman dalam memudahakan koordinasi jika terjadi bencana disekitar kita. Kita juga akan melakukan sosialisaisi kepada masyarakat ditempat tinggal agar terbagun juga kesiap siagaan bencana masyarakat, sehingga sedapat mungkin mengurangi resiko bencana,” ujarnya.

Ia juga katakan, Kelompok Siaga Bencana merupakan orang-orang yang memilki jiwa sosial untuk berbuat, membantu, masyarakat banyak dan selalu siap dimanapun berada.

“Segala niat baik akan selalu dikelilingi kebaikan, dukungan penuh Camat Maninjau dimana kegiatan KSB di lapangan dan mengajak tiap nagari membentuk organisasi KSB, kecamatan akan memfasilitasi mereka dengan kebutuhan untuk turun ke lapangan,” kata Adelina. (len/smgt)