CPNS Sumbar 2021: Dokumen Untuk Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Sumbar, Link PDF

by -
Dokumen Untuk Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Sumbar

SEMANGATNEWS.COM – Dalam artikel ini terdapat link pdf dan dokumen CPNS SUMBAR 2021 yang perlu disiapkan dalam pendaftaran CPNS dan PPPK SUMBAR 2021 lengkap dengan panduan.

Anda dapat mencatat dokumen yang perlu dipersiapakan sebelum mengunggah/upload berkas yang diperlukan agar tidak ada kekurangan saat mendaftar.

Pendaftaran Calon Apratur Sipil Negara (CASN) pada tahun 2021 ini, telah resmi diperpanjang hingga tanggal 26 Juli 2021.

Perpanjangan tersebut bukan hanya berlaku untuk pendaftaran CPNS, melainkan juga untuk seleksi calon PPPK Guru dan PPPK Non Guru.

Perubahan tersebut membuat seluruh tahapan pendaftaran CPNS 2021 diundur dari jadwal semula. Artinya, perubahan jadwal tidak hanya berlaku untuk batas pendaftaran CPNS 2021.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah resmi membuka 1.176 formasi Calon Pegawai Negri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2021 ini.

Daftar Isi

  • Tata Cara Pendaftaran
  • Berkas yang diperlukan Pendaftar CPNS Sumbar 2021 dan ukuran berkas saat mengunggah/upload
  • Berkas yang diperlukan Pendaftar PPPK Sumbar 2021 dan ukuran berkas saat mengunggah/upload

Silahkan catat berkas atau dokumen yang diperlukan untuk mendaftar CPNS dan PPPK SUMBAR 2021 agar tidak ada yang ketinggalan dalam mempersiapkannya.

Baca Juga: CPNS 2021: Cek Formasi Lulusan SMA Sederajat Hingga Perguruan Tinggi, di sscasn.bkn.go.id

TATA CARA PENDAFTARAN

Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai tanggal 30 Juni hingga 26 Juli 2021 dengan tahapan
sebagai berikut:

1. Buat akun pada portal https://sscasn.bkn.go.id dengan cara:

  • Isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Isi biodata dan kolom lainnya secara cermat dengan membaca petunjuk yang ada.Kesalahan dalam pengisian biodata dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus Seleksi Administrasi;
  • Upload pas foto terbaru dengan latar belakang merah dalam format JPG;
  • Cetak Kartu Informasi Akun.

2. Login ke https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, kemudian akan tampil halaman FORM BIODATA PESERTA;

3. Setelah pelamar mengisi biodata, pelamar dapat melanjutkan proses pendaftaran lnstansi/Daerah yang dituju;

4. Pelamar memilih Instansi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dilanjutkan dengan memilih jenis formasi, kemudian pelamar memilih pendidikan sesuai ijazah, jabatan, lokasi formasi, serta mengisi datalain yang harus dilengkapi;

5. Pelamar mengunggah/upload softcopy berkas, sebagai berikut:

A. Calon Pegawai Negeri Sipil
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Scan KTP Elektronik asli / Surat Keterangan Pengganti KTP asli. Diunggah pada tab “KTP” (file .JPEG/.JPG maksimal size 200kb)

  • Scan Surat Lamaran asli

Scan surat lamaran asli ditulis tangan pada kertas double folio yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Barat Cq Kepala Badan Kepegawaian Daerah bermaterai 10000 dan ditanda tangani (format dapat diunduh di website https://bkd.sumbarprov.go.id/). Diunggah pada tabSurat Lamaran”(file .pdf maksimal size 300 Kb)

  • Scan Ijazah asli

Scan Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan, ditambah dengan Ijazah Pendidikan Profesi asli (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Ners, Apoteker, dan Psikolog Klinis). Diunggah pada tabIjazah” (digabung dalam 1 file .pdf Maksimal Size 800 Kb)

  • Scan Transkrip Nilai asli

Scan Transkrip nilai asli ditambah dengan Transkrip Nilai Pendidikan Profesi asli (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Ners, Apoteker, dan Psikolog Klinis). Diunggah pada tab “Transkrip Nilai” (digabung dalam1 file .pdf maksimal size 800 Kb)

  • Scan Surat Tanda Registrasi (STR)

Scan STR asli untuk pelamar jabatan tenaga kesehatan. Diunggah pada tab ”Surat Tanda Registrasi (STR)”(file .pdf maksimal size 600 Kb)

  • Scan sertifikat pelatihan

Scan sertifikat pelatihan Advanced Cardiac Life Support atau Advanced Trauma Life Support atau Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat atau General Emergency Life Support asli bagi calon pelamar Dokter Umum. Diupload pada tab “Sertifikat Khusus atau Keterampilan (file .pdf maksimal size 600 Kb)

  • Scan sertifikat pelatihan

Scan sertifikat pelatihan Basic Cardiac Life Support atau Basic Trauma Life Support atau Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat asli bagi calon pelamar Perawat dan Bidan. Diupload pada tabSertifikat Khusus atau Keterampilan (file .pdf maksimal size 600 Kb)

  • Swafoto

Swafoto (selfie dengan KTP dan Kartu Pendaftaran) dan Pas Foto terbaru dengan latar belakang merah. Diunggah pada tabPas Foto” (digabung dalam 1 file .JPEG / .JPG maksimal size 200 Kb)

  • Scan surat pernyataan

Scan surat pernyataan tidak akan mengajukan pindah selama 10 (sepuluh) tahun sejak diangkat menjadi PNS (format dapat diunduh di website https://bkd.sumbarprov.go.id/). Diunggah pada tabSurat Pernyataan” (fie .pdf maksimal size 600 Kb)

  • Scan Surat Akreditasi Pergutuan Tinggi (Formasi Lulusan Terbaik)

Bagi pelamar dengan formasi Lulusan Terbaik, scan/screen capture akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Pusdiknaskes/LAM-PTKes pada saat kelulusan. Akreditasi Perguruan Tinggi diunggah pada tabSurat Akreditasi Universitas”dan Akreditasi Program Studi diunggah pada tabSurat Akreditasi Program Studi”(file .pdfmaksimal Size 600 Kb)

  • Scan Surat Keterangan Dokter (Formasi Disabilitas)

Bagi pelamar dengan formasi Disabilitas, scan Surat Keterangan Dokter dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat disabilitas. Diunggah pada tabSurat Keterangan Disabilitas dari Unit Kesehatan Pemerintah”(file .pdf maksimal Size 600 Kb)

Bagi pelamar dengan formasi Disabilitas wajib menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar dengan mengupload link penyimpanan video, misalnya penyimpanan di googledrive.

Baca Juga: Jadwal CPNS SUMBAR 2021 Lengkap, Pengumuman di bkd.sumbarprov.go.id

B. Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Non Guru
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik asli atau Surat Keterangan Pengganti KTP asli.

Diunggah pada tabKTP”(file .JPEG/ .JPG maksimal size 200 kb)

  • Scan Surat Lamaran asli ditulis tangan

Scan surat lamaran asli ditulis tangan pada kertas double folio yang ditujukan kepada Gubernur Sumatera Barat Cq Kepala Badan Kepegawaian Daerah bermaterai 10000 dan ditandatangani (format dapat diunduh di website https://bkd.sumbarprov.go.id/). Diunggah padatab “Surat Lamaran”(file .pdf maksimal size 300 Kb)

  • Scan Ijazah asli

Scan Ijazah ali sesuai kualifikasi pendidikan. Diunggah pada tab “ Ijazah” (file .pdf Maksimal Size 600 Kb)

  • Scan Transkrip Nilai asli.

Diunggah pada tabTranskrip Nilai”(file .pdf maksimal size 600 Kb)

  • Swafoto (selfie dengan KTP dan Kartu Pendaftaran) dan Pas Foto

Siapkan scan foto terbaru dengan latar belakang merah. Diunggah pada tabPas Foto” (digabung dalam 1 file .JPEG / .JPG maksimal size 200 Kb)

  • Scan surat keterangan pengalaman kerja asli.

Diunggah pada tabSurat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK”(file .pdf maksimal Size 800 Kb)

  • Scan Sertifikat Kompetensi asli.

Diunggah pada tabSertifikat Profesi PPPK”(file .pdf maksimal Size 600 Kb).

6. Klik centang pada setiap data di form Resume dan pastikan bahwa data tersebut terisi dengan lengkap dan benar, kemudian Akhiri Proses Pendaftaran. Data yang telah dikirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun;

7. Setelah semua tahapan pendaftaran selesai, data pelamar akan masuk ke database SSCASN 2021, selanjutnya pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran.

PENTING: Dalam mengunggah/upload, pastikan dokumen dapat terbaca. Kesalahan dalam mengunggah atau upload dokumen dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus Seleksi Administrasi.

Baca Juga: 1176 Formasi CPNS SUMBAR 2021 PDF: Syarat Lengkap Daftar Bidang dan Jenis Formasi Dibutuhkan

Unduh pdf file dibawah ini untuk selengkapnya:

Pengumuman Gubernur Sumatera Barat tentang pengadaan ASN Sumbar

sumber: Pengumuman Gubernur Sumatera Barat Nomor : 800/3443/BKD-2021, tentang pengadaan ASN Sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.