Dandim 0306/50 Kota Cetuskan Inovasi Keamanan, Babinsa Ajak Warga Patroli Kentongan

oleh -
IMG-20191229-WA0051

Dandim 0306/50 Kota Cetuskan Inovasi Keamanan, Babinsa Ajak Warga Patroli Kentongan

Semangatnews, Payakumbuh – Dalam rangka menghidupkan kembali tradisi lama serta mengaktifkan kembali sistem pengamanan lingkungan, dihadapkan dengan kejadian belakangan ini mulai marak terjadinya pencurian di lingkungan masyarakat, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S. Lahe, S.AP, telah memerintahkan para Danramil jajaran Kodim 0306/50 Kota untuk mengaktifkan kembali kegiatan ronda malam dengan memberi nama “Patroli Kentongan”.

Menindak lanjuti perintah tersebut, Danramil 01/Pyk, Kapten Czi Jony Forta. MP mengajak para babinsanya untuk melaksanakan kegiatan tersebut secara bergiliran dengan melibatkan warga dan pemuda di wilayah binaan babinsa masing-masing.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengaktifkan kembali siskamling/ronda malam yang secara tradisi sudah berjalan sejak dulu kala, namun sekarang sudah mulai terlupakan, dan tergantikan dengan sistem yang lebih modern, seperti CCTV, maupun sarana lainnya.

“Selain itu, berkaitan dengan kondisi cuaca yang cukup ekstrim seperti belakangan ini sering terjadi bencana banjir bandang dan pohon tumbang yang datang secara tiba-tiba, maka kegiatan Patroli Kentongan ini juga ditujukan sebagai sarana siaga bencana,” kata Kodim Letkol Ferry S. Lahe, Sabtu (29/12).

Dalam pelaksanaannya, babinsa juga sering didampingi oleh Bibinkamtibmas Polsek Kota Payakumbuh, bersama dengan para Lurah setempat, serta pemuda bahkan tokoh masyarakat ikut meramaikan kegiatan patroli kentongan ini.

Sementara itu Danramil 01/Pyk Kapten Joni Forta menyebut Forkopimca Kota Payakumbuh menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan Patroli Kentongan yang dicetuskan oleh Dandim 0306/50 Kota ini.

“Para tokoh masyarakat, yang sangat berharap kegiatan ini dapat berjalan secara rutin yang pada akhirnya nanti akan menjadi suatu kegiatan yang mengandung nilai tanggung jawab moril bagi seluruh warga masyarakat, untuk peduli dengan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing,” papar kapten Jony Forta.